sign up SIGN UP

Deretan Manfaat Tersembunyi dari Kebiasaan Minum Teh, Psst.. Bisa Bikin Kulit Glowing Juga, Lho

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 12:30 WIB
Deretan Manfaat Tersembunyi dari Kebiasaan Minum Teh, Psst.. Bisa Bikin Kulit Glowing Juga, Lho
Foto: Getty Images/iStockphoto/paulaphoto

Banyak orang yang suka minum teh, bahkan menjadikan hal tersebut kebiasaan setiap hari. Well, selain rasanya yang nikmat, ternyata memang ada berbagai manfaat bagi tubuh lho, Beauties.

Penasaran ada apa saja? Cek di bawah ini, yuk!

Cegah Banyak Penyakit

Menurut studi yang dikutip dari National Library of Medicine, terdapat penelitian yang mendukung penyataan bahwa teh yang dipercaya sejak lama bagus buat kesehatan, memang benar adanya.

Di antaranya baik untuk pencegahan penyakit kardiovaskular dan metabolisme. Senyawa polifenol pada teh hijau dan hitam, kerap dikaitkan dengan pencegahan penyakit kardiovaskular, terutama ateroskeloris dan penyakit jantung koroner. Antioksidan yang terkandung pada teh cukup tinggi, sehingga baik untuk melawan berbagai macam kanker.

Aneka Jenis Teh dan Manfaatnya

Teh hijau, teh hitam dan teh merah memiliki manfaat untuk menenangkan.Berbagai jenis teh/Foto: Freepik.com

Ada banyak sekali jenis teh, juga beserta khasiatnya masing-masing. Pada jenis teh putih misalnya, mengutip dari laman Penn Medicine, baik buat kesehatan gigi karena kaya akan fluoride, catechins dan tannins, yang nggak cuma akan perkuat gigi, tapi juga melawan plak dan membuatnya lebih tahan dari asam dan gula.

Jenis teh ini juga punya kandungan sedikit kafein. Sehingga cocok buat kamu yang memang ingin mengurangi, Beauties.

Teh bisa punya sederet manfaat baik bagi tubuh dan kecantikan/Foto:Freepik.com/Jcomp
Teh bisa punya sederet manfaat baik bagi tubuh dan kecantikan/Foto:Freepik.com/Jcomp

Selain itu ada juga teh herbal dengan berbagai macam jenis plus benefitnya. Mungkin kamu nggak asing dengan nama-nama berikut:

- Chamomile: bisa mengurangi nyeri ketika menstruasi, bikin kamu lebih rileks, dan melepaskan stres.

- Rooibos: meningkatkan sirkulasi darah, memproduksi kolesterol baik untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh, serta merawat rambut agar kuat, kulit sehat, dan terbukti dapat membantu tubuh dari alergi.

- Peppermint: dapat menenangkan dari sakit perut seperti konstipasi, iritasi lambung, juga mual-muntah. Jenis teh ini juga bagus buat mengatasi sakit kepala, Beauties.

-Jahe: membantu mengatasi morning sickness, serta dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan kronis, serta membantu meredakan nyeri sendi yang disebabkan osteoarthritis.

- Hibiscus: menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan organ hati. serta bisa mengatasi hasrat keinginan makan makanan manis, serta mencegah pembentukan batu ginjal.


Manfaat Teh Bagi Kesehatan Kulit

Ilustrasi minum teh di pagi hari/Foto: Freepik.com/ lifeforstockIlustrasi minum teh di pagi hari/Foto: Freepik.com/ lifeforstock

Kandungan dalam teh yang berperan dalam kesehatan dan kecantikan kulit di antaranya ada vitamn C, antiinflamasi, antibakteri, dan berbagai kandungan baik lainnya. Kandungan antioksidan misalnya yang kaya pada jenis teh hijau bisa membantu dalam melawan penuaan, Beauties.

Polifenol pada teh juga bermanfaat dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri yang bikin jerawat muncul. Nah antiinflamasi yang telah disebutkan di atas dapat mengurangi iritasi, kemerahan, juga pembengkakan pada kulit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id