sign up SIGN UP

Diet Air Putih Langsing dalam 2 Minggu? Sebelum Mencoba, Ini Fakta Sebenarnya yang Perlu Kamu Tahu!

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 18 Oct 2021 12:59 WIB
Diet Air Putih Langsing dalam 2 Minggu? Sebelum Mencoba, Ini Fakta Sebenarnya yang Perlu Kamu Tahu!
caption
Jakarta -

Diet air putih menjadi salah satu metode diet yang banyak dilakukan. Disebut juga sebagai water fasting atau puasa air, banyak dari mereka yang melakukan metode ini karena tergolong sebagai diet murah-meriah yang hanya membutuhkan air untuk dikonsumsi. 

Periodenya, diet ini hanya diizinkan untuk dilakukan selama 24 - 72 jam saja, yang berarti satu - tiga hari. Lewat dari waktu tersebut sangat tidak disarankan.

Ternyata sudah banyak yang mengungkapkan, jika puasa air ini terlalu lama dilakukan, maka dapat mendatangkan risiko yang berbahaya untuk tubuh. 

Seperti yang dilansir dari Detik Food, situs Very Well Fit membeberkan jika menurunkan berat badan setelah melakukan puasa air putih ini hanya bersifat sementara. Sebab, yang berkurang hanyalah kadar air dalam tubuh dan bukan lemak yang jadi sasaran utama membuat langsing. 

Daftar Orang yang Tidak Bisa Melakukan Diet Air Putih

Mengurangi Rasa SakitDaftar Orang yang Tidak Bisa Diet Air Putih/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak semua orang bisa melakukan metode diet ini. Pasalnya, diet ini pun dikenal sebagai diet berbahaya karena tidak adanya asupan dan kalori yang masuk.

Maka ada daftar orang yang tidak bisa turut ikut melakukan diet air putih ini. Mereka adalah:

  • penderita asam urat,
  • diabetes,
  • penderita eating disorder,
  • orang lanjut usia,
  • ibu hamil, 
  • anak-anak.

Mereka tidak diizinkan untuk melakukannya, karena kembali lagi pada risiko yang diakibatkan. Memangnya apa risiko dari diet air putih ini, Beauties?

Risiko Melakukan Diet Air Putih

Ilustrasi merasa pusing/Pexels.com/ Karolina GrabowskaRisiko Diet Air Putih/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Puasa air putih yang berlangsung selama satu sampai tiga hari ke depan ini, dapat menyebabkan seseorang yang melakukannya merasakan lemas berlebih hingga pusing. 

Selain itu, risiko kalap makan usai melakukan metode diet yang satu ini mungkin akan terjadi. Mendadak lapar mata melihat ini itu, dan berakhir dengan bobot tubuh yang kembali seperti semula. Duh, rugi banget kan?

Seperti Apa Metode Diet Air Putih?

Diet Air PutihDiet Air Putih/ Foto: Freepik.com/svetlanasokolova

Merangkum laman Healthline, berikut ini metode diet air putih yang perlu dilakukan, Beauties!

Saat diet air putih, seseorang yang sedang melakukan diet air putih tidak diizinkan untuk makan atau minum apapun selain air putih. Minuman nol kalori seperti teh tawar atau kopi pun tidak diizinkan. 

Air yang wajib diminum adalah dua sampai tiga liter perharinya, bisa lebih karena untuk menghindari dehidrasi.

Setelah diet air putih selesai, seseorang yang telah menjalani puasa air putih diharuskan untuk menahan keinginan untuk makan besar. Sebab, langsung makan besar usai puasa, dapat menyebabkan gejala tidak nyaman. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk memilih makanan kecil atau mengonsumsi smoothie sebagai bentuk buka puasa. Dari situ, mulailah perlahan memakan makanan yang lebih besar untuk membuat keadaan tubuh kembali nyaman. 

Beauties, itu dia fakta sebenarnya yang perlu kamu tahu tentang diet air putih. Memang sih, diet air putih langsing dalam 2 minggu, tapi ini sangat berbahaya karena hanya disarankan untuk satu-tiga hari saja. Selebihnya dapat membahayakan dirimu sendiri. 

Jadi pilih mana? Langsing cepat atau langsing sehat nih setelah ini?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id