sign up SIGN UP

Jangan Khawatir Gendut! Sarapan Nasi Putih Justru Tawarkan Segudang Manfaat untuk Tubuh

Zeyra Haya | Jumat, 15 Oct 2021 06:15 WIB
Jangan Khawatir Gendut! Sarapan Nasi Putih Justru Tawarkan Segudang Manfaat untuk Tubuh
Foto: Sarapan Nasi Putih Justru Tawarkan Segudang Manfaat untuk Tubuh/Freepik.com/tirachardz

Sarapan atau makan di pagi hari adalah kegiatan yang penting dilakukan agar energi pada tubuh dapat terpenuhi. Tak hanya itu, manfaat sarapan juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menu sarapan menjadi hal yang juga perlu diperhatikan. Banyak dari kita terutama bagi yang sedang melakukan diet, mengkhawatirkan menu sarapan karena dianggap bisa menambah berat badan. Salah satu menu yang kerap dihindari adalah nasi putih.

Ternyata Ini Segudang Manfaat Sarapan dengan Nasi Putih

Banyak orang menghindari nasi putih karena dianggap sebagai penyebab kegemukan. Siapa sangka, kebiasaan sarapan menggunakan nasi putih justru memiliki banyak manfaat. Beauties, berikut adalah beberapa manfaat sarapan nasi bagi kesehatan tubuh.

1. Menstabilkan Gula Darah

Nggak bikin gendut, sarapan nasi putih justru banyak manfaat/Foto: pexels.com/RODNAE Production
(Nggak bikin gendut, sarapan nasi putih justru banyak manfaat/Foto: pexels.com/RODNAE Production)

Nasi putih memang merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung pati dengan indeks glikemik tinggi. Namun siapa sangka, sarapan dengan nasi justru dapat lebih baik mengatur dan menstabilkan gula darah ketimbang sarapan dengan roti, sereal, ataupun jus buah.

Mengonsumsi nasi putih dengan bahan pakan lain seperti sayuran dan daging akan memperlambat proses pencernaan, sehingga tubuh akan terhindar dari lonjakan gula dalam darah.

2. Tidak Mengandung Gluten

Sarapan dengan nasi, cocok untuk diet gluten/Foto: pexels.com/Tristan Chen
(Sarapan dengan nasi, cocok untuk diet gluten/Foto: pexels.com/Tristan Chen)

Gluten adalah salah satu jenis protein yang terdapat di dalam gandum dan jelai. Gluten kerap disebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan sebab merupakan senyawa protein yang rumit sehingga sulit dicerna tubuh. Adapun bahan makanan yang mengandung gluten antara lain roti, sereal, pasta dan kue.

Lantas bagaimana sarapan yang baik untuk orang-orang yang sedang diet gluten? Solusinya adalah dengan mengkonsumsi nasi putih. Nasi putih adalah bahan makanan hypoallergenic. Sehingga bisa diterima oleh tubuh banyak orang, termasuk orang yang sedang berdiet.

3. Mudah Dipadu

Mudah dipadukan dengan bahan makanan lain, sarapan nasi bisa jadi pilihan sarapan sehat/Foto: pexels.com/Cats Coming
(Mudah dipadukan dengan bahan makanan lain, sarapan nasi bisa jadi pilihan sarapan sehat/Foto: pexels.com/Cats Coming)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nasi bisa dikonsumsi bersama berbagai macam bahan pangan lainnya. Nasi putih juga dapat menyerap kaldu, sehingga banyak pilihan menu yang bisa disantap bersama nasi putih.

Selain itu, rasa manis alami dari nasi putih membuatnya pas dipadu dengan rasa lainnya seperti asin, gurih hingga pedas. Hal ini membuat nasi putih menjadi menu yang tepat untuk menambah selera makan saat sarapan pagi.

4. Mudah Dicerna

Mudah dicerna, penderita gangguan pencernaan dianjurkan sarapan dengan nasi/Foto: pexels.com/George Milton
(Mudah dicerna, penderita gangguan pencernaan dianjurkan sarapan dengan nasi/Foto: pexels.com/George Milton)

Nasi putih adalah bahan makanan yang paling mudah dicerna, sekalipun dibandingkan dengan nasi merah. Oleh karena itu, sarapan dengan nasi putih bersama sayur, daging ataupun bahan kaldu seperti sup akan mempermudah proses pencernaan.

Semakin mudah makanan dicerna, akan semakin sedikit pula energi yang diperlukan dalam proses pencernaan. Inilah mengapa jika seseorang mengonsumsi nasi putih saat sarapan, ia akan merasa tidak mudah lapar dan tahan kenyang dalam waktu yang lama.

5. Dapat Terhindar dari Penyakit Pencernaan

Manfaat kebiasaan sarapan dengan nasi putih, baik untuk kesehatan pencernaan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Manfaat kebiasaan sarapan dengan nasi putih, baik untuk kesehatan pencernaan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ahli pengobatan kuno India dan pengobatan tradisional China menganggap nasi sebagai makanan pendingin yang bisa membantu membersihkan panas dalam tubuh. Tak jarang makanan berbahan dasar nasi seperti bubur atau olahan nasi putih yang dipadu dengan kaldu dan bahan lainnya dijadikan menu 'penyelamat' saat terjadi masalah pencernaan di Asia.

Faktanya, nasi putih memiliki karakteristik khusus sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Kebiasaan sarapan dengan menggunakan nasi putih dapat memperlancar pencernaan. Oleh sebab itu, kebiasaan ini sangat dianjurkan untuk diterapkan bagi para penderita gangguan pencernaan.

Beauties, itulah beberapa manfaat dari kebiasaan sarapan dengan nasi putih. Nggak perlu takut gendut lagi saat sarapan dengan nasi putih ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id