sign up SIGN UP

Perut Buncit Saat Menstruasi, Pernah Mengalaminya?

Arum Narwastu | Kamis, 14 Oct 2021 09:07 WIB
Perut Buncit Saat Menstruasi, Pernah Mengalaminya?
caption
Jakarta -

Menstruasi adalah hal alami yang terjadi pada diri perempuan. Normalnya, menstruasi terjadi setiap 21-35 hari sekali. Nah, sebelum menstruasi terjadi, ada perubahan pada tubuh perempuan yang seringkali membuat tidak nyaman. Salah satunya adalah perut yang jadi lebih buncit. Memangnya, apa sih penyebabnya?

Fluktuasi Hormonal

Ilustrasi kram tak tertahankan saat menstruasiMenstruasi/ Foto: Freepik.com/@kroshka__nastya

Saat menstruasi, terjadi perubahan hormon yang cukup besar pada tubuh perempuan. Hormon estrogen dan progesteron mengalami fluktuasi sehingga menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh. Mulai dari payudara yang membengkak dan terasa nyeri, sendi yang terasa pegal, hingga perut kembung.

Retensi Cairan dan Natrium

Ilustrasi kram perut saat menstruasiMenstruasi/ Foto: Pexels.com/Polina Zimmerman

Tubuh perempuan juga mengalami retensi atau penimbunan cairan dan natrium saat menstruasi. Karena tubuh kehilangan cukup banyak cairan darah saat menstruasi, maka tubuh secara alami menahan air dan natrium untuk mempertahankan jumlah cairan dalam tubuh.

Cairan ini biasanya akan bertumpuk pada rongga tubuh, salah satunya adalah perut. Inilah yang membuat perut terasa lebih buncit saat sedang menstruasi.

Gas di Dalam Perut

MensMenstruasi/ sumber: freepik.com

Menstruasi membuat gerakan usus jadi lebih lambat. Hal ini ternyata turut mempengaruhi jumlah gas di dalam perut. Perut kamu akan menyimpan lebih banyak gas yang bisa membuatmu merasa kembung.

Lalu, bagaimana cara agar perut buncit bisa hilang saat menstruasi?

Perut buncit saat menstruasi memang sulit dihindari karena ini adalah reaksi alami yang terjadi pada tubuh. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa tak nyaman karena perut buncit saat menstruasi, yakni:

  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Berolahraga ringan
  • Kurangi makanan tinggi natrium seperti makanan cepat saji
  • Kurangi konsumsi kafein dan alkohol saat menstruasi

Dengan melakukan hal di atas, menstruasi akan terasa lebih nyaman. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id