Es Teh Indonesia Tuai Kecaman dari Netizen Usai Layangkan Somasi ke Pelanggan, Ini Kronologinya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 26 Sep 2022 21:00 WIB
Es Teh Indonesia Tuai Kecaman dari Netizen Usai Layangkan Somasi ke Pelanggan, Ini Kronologinya!
Es Teh Indonesia Tuai Kecaman dari Netizen /Foto: Instagram.com/esteh.indonesia

Salah satu merek minuman kekinian, Es Teh Indonesia kembali viral di media sosial. Hal ini bermula dari protes pelanggan yang menyatakan jika salah satu minumannya, dengan varian Chizu Red Velvet dinilai memiliki rasa manis yang berlebihan. 

Tweet tersebut mendadak viral, bahkan kini pihak Es Teh Indonesia melayangkan somasi ke pelanggan. Seperti apa kronologi lengkapnya, baca di sini!

Bermula dari Protes Pelanggan karena Minuman Terlalu Manis

Minuman Es Teh IndonesiaMinuman Es Teh Indonesia/ Foto: Instagram.com/esteh.indonesia

Keributan ini, bermula dari pemilik akun Twitter @gandhoyy mengkritik minuman varian Chizu Red Velvet milik Es Teh Indonesia. 

"Abis minum es teh indonesia yang chizu red velvet pertama kali dan terakhir kali. An***g lu gila yak itu bukan minuman t*i tapi gula 3kg dikocok sama sp bahan kue tolol bet siapa sih yang bikin ni minuman b**g**t bangkrut ae lu mending daripada bocah kena diabetes massal," tulisnya.

Tweet Pelanggan Mendadak Viral

Tweet yang ditulis oleh pemilik akun @Gandhoyy tersebut langsung viral, penuh dengan komentar, retweet dan disukai banyak netizen.

Salah satu netizen, pemilik akun @AndhityaHanzak berkomentar, jika tweet tersebut bisa saja dibuat kasus oleh es teh indonesia, dengan pasal 28 ayat (2) UU ITE.

"Fix lu kalo dikasusin es teh Indonesia kena Pasal 28 ayat (2) UU ITE: "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hal menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu" 6 tahun penjara. 

Akun Twitter Es Teh Indonesia Ikut Menanggapi

Akun twitter resmi Es Teh Indonesia pun ikut menanggapi tweet yang viral tersebut. 

"Halo kak, terima kasih supportnya. Sehubungan dengan tweet tsb, datanya sudah diterima oleh tim legal kami," tulis pihak Es Teh Indonesia.

Es Teh Indonesia Kirimkan Somasi ke Pelanggan

Minuman Es Teh IndonesiaMinuman Es Teh Indonesia/ Foto: Instagram.com/esteh.indonesia

Tak berlangsung lama dari tweet viral pelanggan tersebut, Es Teh Indonesia kirimkan somasi untuk pemilik akun @Gandhoyy.

Ada dua hal utama yang jadi poin dalam isi somasi tersebut, yakni pertama soal ungkapan gula 3kg dalam varian Chizu Red Velvet yang dapat menyebabkan kekeliruan pada konsumen lainnya. Lalu kedua, adanya kata-kata kasar yang dilontarkan dalam tweet tersebut, sehingga pihak Es Teh Indonesia merasa terhina atau pencemaran nama baik.

Lebih lengkap isi somasinya, ada di foto di bawah ini,

Minuman Es Teh IndonesiaMinuman Es Teh Indonesia/ Foto: Instagram.com/esteh.indonesia

Pelanggan yang Protes, Minta Maaf

WASHINGTON - JULY 6:  An audience member uses an iPhone to send a tweet during an online Twitter town hall meeting with U.S. President Barack Obama from the East Room of the White House July 6, 2011 in Washington, DC.  Obama and Twitter co-founder and Executive Chairman Jack Dorsey held the online discussion to speak about the U.S .debt ceiling crisis.  (Photo by Brendan Smialowski/Getty Images)Ilustrasi Pelanggan Minta Maaf/ Foto: Istimewa

Mendapatkan somasi tersebut, pemilik akun @Gandhoyy pun kembali menuliskan tweet permintaan maafnya. 

"Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun twitter @gandhoyy yang pada beberapa hari lalu saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. ES Teh Indonesia Makmur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian...," tulis pemilik akun @Gandhoyy.

"Pada perusahaan minuman terkait. Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. ES Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu 'Chizu Red Velvet' yang saya beropini dan juga..,"

"Sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru, kandungannya, dan nama perusahaan. Sekali lagi saya memohon maaf terhadap twit yang saya buat atas pencemaran nama baik PT. ES Teh Indonesia Makmur. Terima kasih,"

Kini Tuai Komentar Netizen!

Usai dilayangkannya somasi dan permintaan maaf pemilik akun @Gandhoyy, brand minuman kekinian Es Teh Indonesia ramai dikecam netizen. 

"Kalo ada keluhan, cobalah ditanggapi dengan bijak. Bukan seperti ini caranya. @esteh_indonesia," tulis akun dimdimas22.

Banyak dari mereka yang mengungkapkan jika setelah ini tak ingin membeli membeli produk es teh Indonesia. 

"Lah kirain udah blunder ga bakalan dilanjut, ternyata masih. Oke jadi makin yakin buat nggak akan pernah beli lagi produk @esteh_indonesia," tulis akun @smlchrstnh.

"Saya tidak pernah membeli produk mereka dan sebenarnya juga bermaksud untuk tidak melakukannya, tetapi setelah melihat ini saya 100% yakin, saya tidak akan pernah membeli sesuatu dari mereka. Jadi bukan komentar Anda yang memberi mereka nama buruk, tindakan mereka sendiri atas komentar Anda itu, tulis @EdwinKBali.

"Aneh, cmn begitu aja di somasi, padahal dia benerin beli dan ngerasain, wajar kalo berkomentar dan agak hiperbola, udah biasa kata kata kaya gitu padahal, kok ya baperan bgt," kata @cules0409.

Beauties, dari kasus Es Teh Indonesia ini, bagaimana menurutmu?

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.