sign up SIGN UP

Gak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari!

Retno Wulandari | Beautynesia
Senin, 07 Dec 2020 16:15 WIB
Gak Cuma Menurunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari!
caption

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling sederhana dan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan ketika jalan kaki setiap hari? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Membantu Turunkan Berat Badan

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan ketika jalan kaki setiap hari adalah turunnya berat badan. Jika kamu berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, maka proses pembakaran lemak akan mengalami peningkatan sehingga dapat membantu turunkan berat badan hingga 2 kg, Ladies.

Buat kamu yang ingin turunkan berat badan, tapi malas berolahraga yang terlalu berat, jalan kaki setiap hari dengan patokan 10.000 langkah adalah pilihan yang tepat.

Menurunkan Tekanan Darah

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Buat kamu yang mengalami permasalahan dengan tekanan darah, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah rutin berjalan kaki setiap hari. Jika kamu rutin melakukan olahraga ringan satu ini, tekanan darah sistolik berkurang sekitar 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik sebanyak 0,3 mmHg. Tekanan darah tinggi akan mudah diatasi jika diikuti dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter.

Kesehatan Jantung Meningkat

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan jika jalan kaki setiap hari adalah jantung jadi sehat. Tidak banyak yang tahu, jalan kaki setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31% bahkan dapat mengurangi risiko kematian sebesar 32%.

Meningkatkan Kualitas Tidur

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki setiap hari setidaknya 10.000 langkah dapat membuat jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik dari sebelumnya. Menurut penelitian dari Universitas South Australia, kualitas tidur akan meningkat karena adanya hubungan antara kualitas istirahat dengan kegiatan fisik yang aktif.

Jika istirahat memiliki kualitas yang baik, maka seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Nah, jika fisik sudah aktif bergerak atau melakukan sebuah pekerjaan, maka tubuh akan merasa lelah dan tidur lebih nyenyak.

Sendi Semakin Sehat

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Ladies, gerakan saat berjalan kaki dapat memperlancar aliran darah di seluruh tubuh serta menguatkan otot dan sendi pada tubuh. Selain itu, jalan kaki setiap hari dapat membuat cairan sendi akan terus berproduksi.

Cairan sendi ini mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sendi, jika cairan sendi berhenti berproduksi maka mengakibatkan kualitas sendiri berkurang. Oleh sebab itu, jangan malas untuk jalan kaki setiap hari ya.

Mengurangi Stres

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari
Foto:freepik.com

Manfaat terakhir yang akan kamu dapatkan jika rutin jalan kaki setiap hari adalah membantu mengurangi stres atau kecemasan lho. Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki setiap hari selama 10 menit sama efektifnya dengan berolahraga 45 menit dalam hal menurunkan depresi dan kecemasan karena kadar kortisol atau hormon stres menurun.

Nah, itulah 6 manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin jalan kaki setiap hari. Mulai sekarang, jangan malas untuk olahraga sederhana satu ini ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id