sign up SIGN UP

Hati-hati, Beauties! Kebiasaan Makan Berlebih Bisa Merusak Otak, Ini Alasannya

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 21:30 WIB
Hati-hati, Beauties! Kebiasaan Makan Berlebih Bisa Merusak Otak, Ini Alasannya
Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Kebiasaan makan berlebih atau overeating nggak cuma bikin kamu berisiko kelebihan berat badan, tapi ternyata bisa merusak otak. Demikian menurut penelitian.

Mengutip Times of India, penelitian tersebut menggunakan teknik diffusion tensor imaging (DTI), yang kemudian melakukan perbandingan antara otak dari 59 remaja dengan obesitas dan 61 remaja yang sehat.

DTI adalah teknologi baru yang bisa mengamati pergerakan air dan materi putih di otak. Materi putih itu sendiri adalah materi kaya serat yang ditemukan di jaringan otak yang lebih dalam. Peneliti kemudian mengambil fractional anisotropy (FA) dari mereka, mengutip Pubmed, FA yakni ukuran konektivitas yang diturunkan dari data DTI.

Ilustrasi penyusutan otak/ Foto: Freepik.comIlustrasi otak/ Foto: Freepik.com

Hasilnya semakin rendah FA maka semakin rusak materi putih tersebut. Sebagai perbandingan, nilai FA dari semua partisipan, tampak orang dengan obesitas memiliki skor FA yang lebih rendah.

Obesitas Sebabkan Perubahan pada Otak

Ilustrasi obesitasIlustrasi obesitas/Freepik

Bagian otak yang berubah pada orang dengan obesitas, ditandai dengan skor FA yang rendah, rupanya dikaitkan dengan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol emosi, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

Selain itu kerusakan otak tersebut juga disebabkan tekanan darah tinggi dan resistensi insulin. Sehingga, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara obesitas dan peradangan yang kemudian berpotensi memicu kerusakan otak, peningkatan tekanan darah, resistensi insulin dan resistensi leptin.

Belum diketahui apakah kerusakan otak akibat makan berlebih dapat diperbaiki atau tidak, namun sebaiknya mulai sekarang hindari overeating untuk menjaga kesehatan otak juga berat badanmu, Beauties.

Cara Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebih

Terdapat berbagai cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kebiasaan overeating. Kamu juga perlu mencari pemicunya, misalnya, overeating juga kerap dikaitkan dengan kondisi stres. Nah, kamu pun bisa mencari cara mengalihkan tekanan yang dihadapi sebisa mungkin dengan tidak ke makan.

Selain itu, mengonsumsi garam dan gula juga diketahui bikin makin lapar, lho! Karena itu kamu perlu mengurangi asupan tersebut dan menggantinya ke makanan yang lebih sehat. Sebagai contoh mengganti snack kemasan yang terasa gurih dengan buah potong, dan minuman kekinian yang tinggi gula dengan air putih.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id