sign up SIGN UP

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini Tips Agar Tidak Kalap Saat Buka Puasa

Dian Aprilia | Beautynesia
Minggu, 18 Apr 2021 19:00 WIB
Hati-hati Berat Badan Naik, Ini Tips Agar Tidak Kalap Saat Buka Puasa
caption

Siapa nih yang sering balas dendam saat buka puasa? Mentang-mentang telah berpuasa seharian, saat buka puasa langsung makan seenaknya dan sepuasnya. Akibatnya, perut jadi begah dan sakit. Ujung-ujungnya absen salat tarawih dan malah ketiduran di rumah. Semakin menyesal saat tahu berat badan naik 2 kg. Waduh!

Memang momen buka puasa seringkali jadi ajang balas dendam dan makan besar. Ditambah lagi dorongan rasa lapar yang teramat membuatmu makan tergesa-gesa. Padahal makan tergesa-gesa malah membuat porsi makanmu jauh lebih banyak. Hal ini bisa berdampak ke masalah kesehatan, seperti halnya obesitas, diabetes, gangguan lambung dan lainnya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips dan trik agar tidak kalap saat buka puasa di bulan Ramadan:

Langsung Minum Segelas Air Putih

Air putih
Air putih/pexels.com

Cara ampuh yang pertama adalah dengan langsung minum segelas air putih saat azan maghrib berkumandang. Hal ini akan membantumu untuk merasa cepat kenyang dan menahanmu agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Selain itu cara ini bikin kamu terhindar dari dehidrasi.

Nikmati Makanan dengan Perlahan

Nikmati makanan
Nikmati makanan/pexels.com

Alih-alih menyantapnya dengan tergesa, sebaiknya konsumsi makanan dengan perlahan dan penuh kesadaran. Cara ini membuatmu bisa lebih menikmati makanan dan mampu mengontrol porsi makanan yang kamu makan dengan lebih rasional. Sehingga menjagamu agar tidak sampai kekenyangan.

Hindari Terlalu Banyak Makanan Manis dan Berlemak

Makanan manis
Makanan manis/pexels.com

Ada gorengan, es cincau, kolak pisang, kue bolu, buah mangga, dan terakhir puding. Pasti saat buka puasa, ada kalanya makanan berlemak dan manis terhidang di meja makan dalam jumlah banyak. Karena lapar mata, kamu ingin mengonsumsi semuanya. Nah sebaiknya tahan nafsu makan yang berlebihan. Pilih 2 atau maksimal 3 makanan berlemak dan manis dengan jumlah porsi yang kecil agar perut tidak sakit.

Kuatkan Kontrol Diri

Kontrol diri
Kontrol diri/pexels.com

Langkah yang paling penting adalah menguatkan kontrol diri agar tidak makan berlebihan. Kamu perlu meredam emosionalmu dan bertindak lebih terukur. Sejak awal, tekankan pada dirimu sendiri untuk mengonsumsi makanan tertentu dengan porsi yang sedikit. Kalaupun tertarik mencoba yang lain, jangan mengambil dalam porsi besar. Agar fokusmu bisa teralihkan, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya seperti salat maghrib, mengaji, menonton kajian di Youtube dan lain sebagainya.

Sikat Gigi

Sikat gigi
Sikat gigi/pexels.com

Terakhir, setelah 30 menit mengonsumsi makanan buka puasa, lanjutkan dengan ritual gosok gigi. Gosok gigi ampuh untuk membuatmu mengonsumsi makanan lagi. Sebab sensasi mint membuat rasa makanan tidak enak di lidah. Selain itu, kamu juga malas mengotori gigi dan akhirnya harus gigi lagi jika mengonsumsi makanan.

Itulah tips dan trik ampuh agar tidak kalap saat buka puasa. lakukan tips dan trik itu saat buka puasa nanti ya. Semoga efektif bikin berat badanmu tetap stabil dan puasamu lancar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id