STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hati-Hati, Inilah Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Wanita

Lulu Lukyani | Beautynesia
Selasa, 01 Jun 2021 20:30 WIB
Hati-Hati, Inilah Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Wanita

Serangan jantung merupakan kondisi medis yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke jantung. Mengetahui gejala serangan jantung pada wanita dapat membantu seseorang mencari pertolongan medis lebih cepat sehingga semakin besar kesempatan untuk menyelamatkan nyawa.

Pasalnya, wanita kemungkinan lebih kecil bertahan dari serangan jantung pertama dibandingkan pria. Ini mungkin disebabkan oleh perbedaan gejala antara jenis kelamin. Wanita cenderung mengalami serangan jantung “diam” dan menunjukkan gejala yang tidak biasa.

Tanda serangan jantung pada wanita

Ilustrasi gejala serangan jantung
Ilustrasi gejala serangan jantung/Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami gejala selama beberapa minggu sebelum serangan jantung. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah tanda-tanda serangan jantung pada wanita yang mungkin terjadi.

1. Nyeri dada

Gejala serangan jantung yang paling umum, baik pada pria maupun wanita, adalah nyeri dada. Ini dapat dirasakan dengan adanya tekanan dan sakit di bagian dada. Sekitar 29,7 persen wanita yang disurvei dalam studi tahun 2003 mengalami ketidaknyamanan di bagian dada dalam beberapa minggu sebelum serangan jantung.

2. Kelelahan ekstrim

Kelelahan yang tidak biasa dan dialami selama berminggu-minggu bisa jadi tanda serangan jantung. Kelelahan juga bisa dialami sesaat sebelum peristiwa terjadi. Bahkan, aktivitas sederhana yang tidak membutuhkan banyak tenaga pun dapat menyebabkan perasaan lelah.

3. Napas pendek

Sesak napas atau napas berat, terutama jika disertai dengan kelelahan dan nyeri dada, dapat menunjukkan gejala serangan jantung. Beberapa wanita mungkin merasakan sesak napas saat berbaring, namun gejala napas pendek akan mereda ketika duduk tegak.

4. Nyeri tubuh bagian atas

Ini biasanya tidak spesifik dan tidak dapat dikaitkan dengan otot atau sendi tertentu di bagian tubuh atas. Area yang dapat terpengaruh meliputi leher, rahang, dan punggung atas. Rasa sakit bisa mulai di satu area dan secara bertahap menyebar ke area lain. Selain itu, rasa sakit juga bisa menyerang tiba-tiba.

5. Gangguan tidur

Dalam sebuah studi di tahun 2003, hampir setengah dari wanita yang melaporkan masalah tidur pada minggu-minggu sebelum mereka mengalami serangan jantung. Gangguan ini mungkin termasuk kesulitan untuk tidur, tidak biasa terbangun sepanjang malam, dan merasa lelah meski sudah cukup tidur.

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE