sign up SIGN UP

Hati-hati! Kebiasaan Begadang Bisa Bikin Berat Badan Naik Hingga Kulit Kusam

Nubira Maisty | Beautynesia
Sabtu, 04 Sep 2021 23:45 WIB
Hati-hati! Kebiasaan Begadang Bisa Bikin Berat Badan Naik Hingga Kulit Kusam
caption
Teh rooibos dapat membantu tubuh merasa rileks sehingga lebih mudah untuk tidur dan terhindar dari insomnia.
Insomnia menjadi salah satu penyebab berat badan meningkat/Sumber: Unsplash.com

Merasa berat badan naik padahal tidak mengonsumsi makanan berlebihan? Kamu harus cukup waspada karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon kortisol pada tubuh yang menyebabkan penumpukan lemak. Tubuh akan memproduksi hormon kortisol ketika kita merasa stres hingga kurang istirahat.

Kurang istirahat umumnya disebabkan oleh insomnia. Insomnia merupakan sebuah masalah gangguan tidur pada seseorang yang berasal dari perasaan cemas, stress, depresi, gangguan organ tubuh hingga efek dari obat-obatan.

Kulit kusam adalah salah satu akibat dari insomnia.
Kulit Kusam/Sumber: Pexels.com

Seringnya tidur malam hari adalah cikal bakal terjadinya sebuah insomnia yang harusnya dapat dihindari sedini mungkin. Karena selain dapat mempengaruhi berat badan, insomnia juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena sepanjang waktu istirahat, tubuh akan memproduksi kolagen yang mempunyai peran besar dalam peremajaan kulit.

Sehingga dapat disimpulkan apabila waktu tidurmu terganggu atau berkurang, maka produksi kolagen pada tubuh pun ikut terganggu bahkan berkurang. Agar kamu dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, kamu bisa mencoba berbagai cara mulai dari rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan minuman sehat.

Faktanya, terdapat satu jenis minuman sehat yaitu teh herbal merah yang terbukti ampuh menangani insomnia. Teh herbal tersebut adalah teh rooibos. Teh rooibos merupakan teh yang berasal dari Afrika Selatan dan telah terbukti memiliki banyak khasiat jika dibandingkan dengan teh pada umumnya.  Teh pada umumnya dikonsumsi hanya untuk melepas dahaga, tapi berbeda dengan rooibos yang terbukti memiliki khasiat tinggi.

Rooibos adalah teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Kandungan 0% kafein menjadi salah satu bukti bahwa teh rooibos dapat dikonsumsi untuk menghindari penyakit insomnia. Karena teh yang umumnya kita jumpai di supermarket nyatanya mengandung kafein sebesar 10-80 mg per cangkir atau sekitar per 200 ml.

Selain itu, teh ini juga mengandung magnesium yang berfungsi sebagai penenang karena dapat membantu memperlancar darah dan sistem saraf sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur.

Untuk benar-benar merasakan khasiat dari teh ini dalam mengatasi insomnia, kamu perlu rutin mengonsumsinya minimal selama dua hari. Jadi, apakah kamu tertarik untuk segera mencoba teh rooibos? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id