sign up SIGN UP

Tips dan Trik Menyimpan Produk Teh Herbal Agar Tahan Lama!

Nubira Maisty | Senin, 30 Aug 2021 22:15 WIB
Tips dan Trik Menyimpan Produk Teh Herbal Agar Tahan Lama!
caption

Mengonsumsi teh rooibos sudah menjadi andalan bagi banyak orang demi menunjang kesehatan. Hal ini juga telah menjadi rahasia umum bahwa ramuan teh herbal bisa membantu pengobatan pada gangguan kesehatan tertentu. Wajar saja ketika peminat dari ramuan teh herbal semakin meningkat semenjak dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, memang telah banyak bukti dan testimoni akan khasiat teh herbal sehingga banyak orang tertarik untuk mengonsumsi setiap hari sesuai anjuran demi mendapatkan efek kesehatan yang telah dibuktikan sebelumnya.

Teh herbal merupakan teh dengan komposisi daun, bunga, buah, biji hingga batang dari tanaman penghasilnya.
Teh Herbal/Sumber: Pexels.com

Namun, masih banyak pula penikmat teh herbal yang belum mengetahui cara menyimpan teh nya dengan benar. Padahal, upaya penyimpanan menjadi bagian penting bagi para penikmat teh supaya manfaat yang dirasakan bisa lebih maksimal. Prosedur penyimpanan teh tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas yang berujung pada khasiat teh tersebut saat dikonsumsi. Berikut simak tips penyimpanan salah satu jenis teh herbal merah yaitu teh rooibos agar teh ini dapat tahan lama tanpa mengurangi kualitasnya:

Teh herbal rooibos merupakan teh herbal alami yang diambil langsung melalui tanaman Aspalathus linearis dari Afrika Selatan dan banyak digunakan sebagai pengobatan. Dikarenakan manfaatnya yang luar biasa, teh ini akhirnya banyak dijadikan sebagai teh untuk dikonsumsi sehari-hari dengan tujuan untuk menjaga kesehatan.

Teh rooibos merupakan teh merah bebas kafein dari Afrika Selatan.
Teh Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Namun, di satu sisi kita perlu memahami bahwa penyimpanan teh herbal berbeda dengan penyimpanan teh pada umumnya termasuk pada jenis rooibos. Kebanyakan teh herbal tidak hanya terbuat dari daun teh nya saja, melainkan semua komponen pada tumbuhan aslinya dipergunakan. Sedangkan, teh biasa yang umumnya sering kita temui merupakan teh yang terbuat dari 100% daun teh dari tanaman penghasilnya.

Teh herbal sebaiknya disimpan di wadah kedap udara dan berbahan kaca.
Wadah berbahan kaca merupakan wadah paling ideal untuk menyimpan teh herbal/Sumber: Pexels.com

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menyimpan teh herbal rooibos agar kondisi dan kualitasnya tetap baik dalam kurun waktu yang lama yaitu dengan mempersiapkan tempat yang sejuk dan kering sebagai media penyimpanan. Teh ini juga wajib terhindar dari sorotan sinar matahari yang langsung mengarah ke wadahnya.

Apabila kemasan tehnya sudah dibuka, maka sebaiknya seluruh teh yang tersisa dipindahkan ke wadah yang kedap udara. Tips tersebut bertujuan agar tidak terjadi proses oksidasi sehingga kualitasnya tetap tinggi dan optimal.

Apabila terkena udara terus menerus, maka kadar kandungan di dalamnya akan mempengaruhi aroma dan rasa. Pastikan juga bahwa wadah yang digunakan tidak ada sela-sela yang memungkinkan masuknya air. Karena ketika air bisa masuk ke wadah, maka teh akan menjadi lembab dan rusak.

Setelah mengetahui semua informasi di atas, kini rasanya semakin praktis untuk memulai konsumsi rutin. Asalkan teknik penyimpanan teh rooibos sudah benar, harusnya bukan masalah lagi dalam menjaga kualitasnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id