sign up SIGN UP

Hindari 4 Hal Ini Kalau Nggak Mau Diet Kamu Gagal!

Sierra Muktisari | Beautynesia
Kamis, 24 Mar 2022 13:30 WIB
Hindari 4 Hal Ini Kalau Nggak Mau Diet Kamu Gagal!
caption
Jakarta -

Beauties, melakukan diet memang nggak semudah kelihatannya. Selain membutuhkan niat dan konsisten pada diri sendiri, beberapa kebiasaan lainnya kerap membuat proses diet gagal, lho. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa mulai menghindari 4 hal berikut ini kalau nggak mau diet kamu gagal!

Membuat Ekspektasi yang Kurang Realistis

Diet terbaik bagi kesehatan jantung 2022/Foto: Freepik.com/benzoixKiat diet sukses/Foto: Freepik.com/benzoix

Ketika ingin melakukan diet, setiap orang pastinya memiliki standar dan goal tertentu. Namun, ada kalanya terdapat ekspektasi yang kurang realistis, lho. Misalnya, kamu ingin menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam waktu satu minggu. Bukannya tak mungkin, namun ekspektasi tersebut terhitung kurang realistis.

Mulai sekarang, kamu harus menghindari hal tersebut ya, Beauties. Menurut Isabel Maples, MEd, RDN, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, menuturkan jika lebih baik memulai secara perlahan namun pasti. Dimulai dari melakukan perubahan gaya hidup, misalnya.

Hal sederhana seperti itu justru akan menghasilkan penurunan berat badan yang lebih masuk akal seperti melansir mdlix.com.

Tidak Memilah-Milah Makanan

Ilustrasi gambar untuk makanan diet ayurveda/Foto: freepik.com/master1305Ilustrasi gambar untuk makanan diet/Foto: freepik.com/master1305

Makanan menjadi komponen penting dalam diet yang harus diperhatikan. Namun, jika kamu nggak memilah-milah atau menyaring makanan dengan baik, proses diet kamu berpotensi gagal dan berat badan pun tak kunjung menurun.

Melansir verywellfit.com, pilihan makanan pun mempengaruhi proses diet. Misalnya, masih banyak orang-orang yang mengonsumsi kalori dari makanan yang menurut mereka sehat, namun sebenarnya memiliki kalori yang cukup tinggi.

Kuncinya adalah memilih makanan dengan porsi yang tepat, karena setiap makanan yang dikonsumsi secara berlebihan, akan ikut meningkatkan jumlah asupan kalori dan menyebabkan berat badan cenderung bertambah.

Makan di Saat Tidak Merasa Lapar

Ilustrasi makan di restoran/ Foto: Freepik.comIlustrasi makan di restoran/ Foto: Freepik.com

Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka makan meskipun sebenarnya nggak merasa lapar? Kalau nggak ingin diet kamu gagal, yuk hindari kebiasaan yang satu ini! Terlalu banyak makan bahkan di saat kamu merasa nggak lapar cenderung akan membuat berat badan bertambah.

Selama beberapa tahun, adanya saran konvensional untuk makan setiap beberapa jam agar menunda rasa lapar dan penurunan metabolisme justru membuat orang-orang hanya makan lebih banyak seperti melansir Healthline. Jadi, pastikan kamu tetap makan teratur dan makan ketika merasa lapar ya, Beauties.

Tidak Melakukan Tracking Makanan yang Dikonsumsi

Ilustrasi orang Korea saat makanIlustrasi orang Korea saat makan/ Foto: hancinema.net

Terkadang ketika melakukan diet, kita hanya fokus dengan cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat atau sesederhana mengurangi porsi makanan. Namun, proses tracking makanan sangat penting untuk dilakukan, lho.

Dengan mengecek dan mengingat makanan apa saja yang dikonsumsi dalam satu hari, kamu juga jadi bisa menghitung asupan kalori, karbohidrat, fiber, hingga protein yang masuk ke dalam tubuh seperti melansir Healthline.

Jadi, cobalah untuk mulai melakukan tracking makanan apa saja yang kamu konsumsi dalam satu hari ketika melakukan diet, ya!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id