sign up SIGN UP

Hobi Membuat Kue Ternyata Bisa Bantu Redakan Stres, Berikut Penjelasannya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 07:30 WIB
Hobi Membuat Kue Ternyata Bisa Bantu Redakan Stres, Berikut Penjelasannya
caption

Apakah kalian memiliki hobi membuat kue? Jika ya, apakah kamu merasa lebih good mood ketika sedang baking alias memanggang kue? Wah, berarti kamu setuju dong Beauties, kalau memanggang kue bisa membuatmu teralihkan dari stres. 

Kamu yang belum berminat untuk mencoba hobi yang satu ini mungkin masih meragukan, apakah benar baking bisa membantu meredakan stres? Untuk menjawab keraguanmu, simak penjelasannya berikut ini.

Membuat Kue Bisa Membantu Meringankan Stres

Membantu meringankan stres
Membantu meringankan stres/ Foto: freepik.com/freepik

Pandemi yang melanda selama hampir 2 tahun membuatmu mencoba berbagai hobi agar tidak bosan selama di rumah. Membuat kue mungkin menjadi hobi baru yang tidak kamu lewatkan. Mencicipi kue yang lezat mungkin menjadi tujuannya, namun ada manfaat besar dibalik hobi membuat roti.

Baking atau membuat kue memang benar bisa membantu meredakan stres. Dibuktikan dengan pernyataan dari laman Insider, pada tahun 2015, menjelang Great Comic Relief Bake Off, survei yang dilakukan oleh perusahaan kue Cake Angels menemukan bahwa satu dari tiga orang mengatakan mereka merasa lebih stres dibandingkan lima tahun sebelumnya. 80% dari mereka mengatakan mereka mulai memanggang kue untuk membantu meringankan tekanan ini.

Artinya, memang ada efek yang cukup signifikan dari hobi baking dalam menurunkan stres. Tidak heran kamu jadi 'ketagihan' untuk mencoba resep kue lainnya.

Baking Adalah Bentuk Ekspresi Diri

Bentuk ekspresi diri
Bentuk ekspresi diri/ Foto: freepik.com/freepik

Layaknya bermain musik atau menekuni hobi lain, memanggang membantu kamu untuk mengekspresikan diri. Hal tersebut diungkapkan oleh laman Little Rae's Bakery, bahwa memanggang adalah bentuk ekspresi diri yang membantu menghilangkan stres.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebuah resep hanyalah sebuah resep sampai seorang pembuat roti datang untuk membuatnya. Pembuat roti menuangkan sedikit semangat, kreativitas, dan cinta mereka ke dalamnya.

Baking bahkan dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi, untuk momen ketika kata-kata tidak terasa cukup. Aktivitas tersebut bisa menyampaikan cinta, terima kasih, penghargaan, dan bahkan simpati.

Baking Membuatmu Lebih Fokus dan Kreatif

Membuatmu fokus dan kreatif
Membuatmu fokus dan kreatif/ Foto: freepik.com/freepik

Tidak hanya membuatmu lebih good mood dan meredakan stres, baking juga membantumu untuk lebih memfokuskan pikiran. Ketika membuat kue, kamu akan fokus pada pengukuran bahan, mencampurkan adonan, bahkan lama pemanggangan. Hal tersebut juga dapat membantumu untuk lebih antusias terhadap hal baru sehingga membuatmu lebih kreatif.

Untuk itu, kamu yang kemarin berpikiran untuk menjajal hobi baking, kamu bisa mulai eksekusi dari sekarang ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id