STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Merasa Kesepian Lebih dari Biasanya? Cek 5 Cara Mengatasinya Ini, Biar Kembali Bersemangat

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Senin, 29 Aug 2022 06:30 WIB
Merasa Kesepian Lebih dari Biasanya? Cek 5 Cara Mengatasinya Ini, Biar Kembali Bersemangat

Rasa kesepian bisa terjadi pada siapa saja. Terlebih hubungan sosial serta perasaan dicintai, sudah merupakan kebutuhan manusia.

Namun, ketika orang-orang yang biasa ada tersebut tidak hadir, wajar bila kita merasa sepi. Seperti kamu yang baru putus cinta, teman yang pindah ke luar kota, hingga ditinggal selamanya atau meninggal sahabat tercinta.

Memahami bahwa semua hanya bersifat sementara, bisa jadi pengingat saat rasa sepi itu hadir. Selain itu kamu bisa mencoba saran dari Kamna Chhiber, psikolog di Fortis Healthcare berikut, yang dikutip dari Health Shots.

1. Jalan-jalan Keluar

Mengobrol dengan Teman TerpercayaMengobrol dengan teman/Foto: freepik.com

Apakah kamu introvert atau punya jadwal kerja yang sibuk, nggak masalah.. Saat perasaan kesepian itu datang, kamu perlu mengusahakan untuk segera keluar dari rumah dan bersosialisasi.

Kamu bisa inisiatif duluan mengajak temanmu untuk ngopi, misalnya. Hal ini bisa mengubah suasana dan karenanya bisa otomatis mengubah pikiran dan perasaanmu lho, Beauties.

2. Break dari Dunia Virtual

Apakah kamu masih menyibukkan diri dengan duniamu sendiri, seperti binge watching series favorit dan scrolling media sosial? Menurut Chhiber, hal itu justru menambah rasa sepi kamu.

Sebaliknya, kamu perlu detox digital dam lebih berinteraksi secara langsung dengan keluarga dan teman.

3. Melakukan Hobi

pisces menggambarIlustrasi melakukan hobi/Foto:pexels.com/olyakobruseva

Beauties selama ini merasa sibuk bekerja sampai lupa bersenang-senang? Karenanya kamu perlu mengupayakan untuk terlibat secara proaktif kemabli ke hal positif yang bikin bahagia, contohnya melakukan hobi.

"Daripada memikirkan secara berulang-ulang betapa kesepiannya kamu, cobalah untuk memikirkan pada hal yang disukai, apakah memasak, menari, menyanyi, menggambar, dan sebagainya."

4. Mempraktikkan Mindfulness

Adalah membuat diri kamu sepenuhnya menyadari hadir dalam momen ini, tanpa memikirkan hal lain, yang meski lagi terjadi di sekitarmu. Yakni secara penuh menyadari siapa kamu, apa yang ingin kamu capai, dan hanya fokus pada itu.

"Latih mindfulness perhatian penuh dalam pendekatan kehidupan sehari-hari. Benamkan diri dalam aktivitas kehidupan sehari-hari dengan berfokus pada aktivitas yang kamu lakukan,” kata Dr. Chhiber.

5. Bersyukur

Cara satu ini tampaknya tak lekang oleh waktu, yakni mengingat lagi serta mensyukuri hal-hal yang dipunya, sehingga kamu jadi akan kurang memperhatikan hal-hal yang tidak kamu miliki atau telah menghilang, Beauties. Patut dicoba!

Selamat mencoba semoga rasa sepi kamu berangsur-angsur menghilang.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE