BILLBOARD
970x250

Ide Menu Diet Ideal Selama Ramadan, Puasa Tetap Aman dan Berat Badan Terjaga!

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia
Rabu, 29 Mar 2023 09:30 WIB
Ide Menu Diet Ideal Selama Ramadan, Puasa Tetap Aman dan Berat Badan Terjaga!

Beauties, bulan suci Ramadan telah hadir. Ramadan bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk menghentikan kebiasaan buruk dan mulai menerapkan pola makan yang lebih sehat. Berpuasa selama bulan Ramadan bisa membantu memperkuat sistem pencernaan dan meningkatkan efisiensinya melalui menu diet yang sehat.

Meski demikian, sebagian besar orang justru menyiapkan makanan yang berlimpah, mulai dari manisan hingga gorengan yang bisa menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini tentu cara makan yang salah saar berbuka puasa.

Rencanakan menu diet dengan makanan sehat yang ideal untuk mendapatkan gizi seimbang selama puasa Ramadan dengan aturan berikut ini, dilansir dari laman Hamad.

Aturan Utama

Aturan utama dalam berbuka puasa/Foto: Freepik/Stockking
Aturan utama dalam berbuka puasa/Foto: Freepik/Stockking

Berbuka puasa yang benar perlu kamu awali dengan makan kurma dengan jumlah ganjil sebagaimana disunahkan Nabi Muhammad SAW. Kamu bisa menambahkan menu masakan berupa sup dan salad untuk makanan saat berbuka. Yang terpenting, kamu harus menghindari makanan yang digoreng dan berlemak. Kamu bisa memasak dengan cara memanggang untuk menghindari minyak berlebihan.

Selain itu, kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan manis selama bulan Ramadan. Berbuka puasa dengan yang manis-manis memang menggoda, namun hal ini bisa merusak rencana dietmu, Beauties. Coba batasi dengan cara mengonsumsi makanan manis hanya ketika ada acara buka bersama keluarga dan teman saja.

Menu Buka Puasa

Menu buka puasa dengan kurma/Foto: Freepik/Rawpixel.com
Menu buka puasa dengan kurma/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Kamu bisa mengikuti cara berikut ini untuk berbuka puasa yang baik agar berat badan tetap terjaga selama Ramadan.

Awali buka puasa dengan makan tiga buah kurma dan minum satu gelas air putih. Kamu bisa makan sup setiap hari, namun hindari menu sup krim yang berlemak. Kamu bisa menggantinya dengan sayuran, lentil, jelai, dan sup ayam bebas krim.

Makanan pembuka setelah sup berperan untuk mempersiapkan proses pencernaan kamu. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memakan makanan pembuka yang kaya nutrisi seperti sayuran dan salad hijau. Agar tidak hambar, kamu bisa menambahkan perasan lemon atau cuka. Jangan tambahkan garam, ya!

Menu selanjutnya berupa makanan berat yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi. Beberapa contoh makanan untuk berbuka puasa adalah nasi, pasta, roti, daging merah, ayam, dan ikan.

Rekomendasi Camilan Malam dan Menu Sahur

Camilan Malam

Sebagian orang biasanya memilih untuk melanjutkan makan setelah sholat tarawih. Makanan ini hendaknya disajikan dengan porsi yang lebih ringan daripada hidangan utama saat berbuka puasa.

Rekomendasi camilan malam hari antara lain makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti gandum dan pasta. Sumber protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan, dan salad sayur juga bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Untuk kesekian kalinya, hindari menyajikan gorengan dan makanan manis di malam hari agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan selama berpuasa Ramadan. Terlalu sering makan makanan manis dan berminyak bisa menambah berat badan secara cepat, loh!

Pastikan juga kamu mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh agar tetap terhidrasi.

Menu Sahur

Menu untuk makan sahur/Foto: Freepik/Freepik
Menu untuk makan sahur/Foto: Freepik/Freepik

Waktu terbaik untuk makan sahur adalah satu sampai setengah jam sebelum adzan shubuh. Kamu bisa makan sahur dengan makanan yang lebih ringan seperti roti gandum dan sepotong buah segar atau sereal dengan susu segar dan buah kering.

Jauhi makanan manis saat sahur karena bisa meningkatkan rasa lapar hanya dalam beberapa jam setelah kamu memulai berpuasa. Sementara makanan yang asin bisa memicu rasa haus selama berpuasa. Oleh sebab itu, makanan yang paling aman adalah buah-buahan segar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE