sign up SIGN UP

Ingin Diet Tapi Miliki Sakit Maag? Boleh Saja kok, Tapi Hindari Deretan Makanan Ini ya!

Zeyra Haya | Beautynesia
Senin, 08 Nov 2021 07:30 WIB
Ingin Diet Tapi Miliki Sakit Maag? Boleh Saja kok, Tapi Hindari Deretan Makanan Ini ya!
caption

Maag atau Gastritis merupakan kondisi gangguan pencernaan dimana terjadi peradangan pada lapisan lambung. Penderita Maag biasanya akan mengalami gejala seperti sakit perut dan mual jika terlambat makan.

Kondisi seperti itu tentu sangat mengganggu penderita. Bahkan banyak mitos yang mengatakan penderita sakit maag tidak boleh melakukan diet. Namun nyatanya, salah satu cara mengatasi maag justru dengan melakukan diet.

Diet untuk penderita maag dikenal dengan sebutan diet gastritis. Dengan melakukan diet sehat ini, penderita maag dapat mengurangi dan meredakan gejala gangguan pencernaan. Namun, diet gastritis tentu berbeda dengan diet pada umumnya.

Boleh Diet Saat Punya Penyakit Maag, Tapi Hindari 5 Makanan Ini

Pola diet orang normal dengan penderita maag tentu saja berbeda. Orang yang memiliki riwayat maag tidak diperbolehkan melakukan diet ekstrem seperti diet karbohidrat atau diet vegan. Salah satu yang membedakan pola diet untuk penderita maag adalah makanan diet.

Penderita maag dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan probiotik karena dipercaya dapat membantu mengatasi gastritis. Adapun penderita maag harus menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memperparah gejala.

Beauties, berikut adalah makanan-makanan yang harus dihindari penderita maag saat melakukan diet.

1. Paprika

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag saat diet - Paprika/Foto: freepik.com/stokking
Paprika/Foto: freepik.com/stokking

Penderita maag sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung rasa pedas karena dapat memperburuk gejala gastritis. Paprika sendiri merupakan sayuran yang memiliki rasa pedas. Penderita maag harus mencoret paprika dari menu makanan diet nya.

2. Minuman Mengandung Kafein

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag saat diet - Minuman Berkafein/Foto: freepik.com/Burst
Minuman Berkafein/Foto: freepik.com/Burst

Selain makanan pedas, makanan asam dan pahit juga dapat memperburuk gejala maag. Penderita maag dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soda karena dikhawatirkan akan memicu peradangan lambung.

3. Cokelat

Makanan yang harus dihindari penderita maag saat diet - Cokelat/Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOVCokelat/Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Cokelat juga menjadi makanan yang harus dihindari penderita maag karena mampu memperlambat laju pengosongan perut dan membuat LES melemah. Akibatnya, asam lambung dapat bergerak naik ke kerongkongan dan mengiritasi jaringan sensitif.

Untuk kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, sebaiknya hindari mengkonsumsi cokelat pekat seperti minuman cokelat panas, cokelat batang dan selai cokelat.

4. Gorengan dan Makanan Berlemak

Makanan yang harus dihindari penderita maag saat diet - Gorengan dan Makanan Berlemak/Foto: freepik.com/dashu83
Gorengan dan Makanan Berlemak/Foto: freepik.com/dashu83

Sama seperti cokelat, bahan makanan yang digoreng dan berlemak tinggi juga berpotensi melemahkan otot LES sehingga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Oleh sebab itu, penderita maag harus menghindari makanan dan camilan diet seperti gorengan, keripik kentang, keju, dan daging berlemak.

5. Sayur Kol

Makanan yang harus dihindari penderita maag saat diet - Sayur Kol/Foto: freepik.com/topntp26
(Makanan yang harus dihindari penderita maag saat diet - Sayur Kol/Foto: freepik.com/topntp26)

Penderita maag harus menghindari makanan yang mengandung gas tinggi sebab dapat memicu naiknya asam lambung. Sayur kol termasuk salah satu sayuran yang harus dihindari dari menu makanan diet penderita maag. Makanan yang mengandung gas lainnya adalah buah nangka, pisang, kedongdong, dan sayur sawi.

Beauties, itulah makanan-makanan yang harus dihindari penderita maag saat sedang melakukan diet. Jika kamu memiliki riwayat sakit maag, jagalah pola makan dan pastikan makananmu penuh nutrisi.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id