sign up SIGN UP

Ingin Menurunkan Berat Badan Hanya dalam Seminggu? Intip 6 Rahasia dari Ahli Gizi Berikut Ini, yuk!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 09:30 WIB
Ingin Menurunkan Berat Badan Hanya dalam Seminggu? Intip 6 Rahasia dari Ahli Gizi Berikut Ini, yuk!
Cara menurunkan berat badan dalam seminggu/Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Memiliki tubuh sehat dan ramping menjadi dambaan banyak orang. Berbagai cara dan metode pun jadi pilihan untuk dicoba, salah satunya diet. Di awal memulai diet, tak dipungkiri jika keinginan untuk merasakan langsung hasilnya pasti akan muncul.

Namun, perlu disadari bahwa diet adalah proses dan hasil setiap orang tak akan sama. Sehingga tak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Nah, buat kamu yang ingin merasakan langsung hasil diet dalam seminggu, ternyata bukan hal yang mustahil, lho!

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam seminggu dari ahli gizi. Yuk, simak caranya yang dikutip dari Woman and Home!

Atur dan Memantau Asupan Kalori

Mengatur dan Memantau Asupan Kalori
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Untuk bisa merasakan langsung hasil diet dalam seminggu, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengatur kalori defisit dan memantau asupan kalori harian yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Untuk semakin memudahkanmu, kamu dapat memanfaatkan beberapa aplikasi pelacak makan untuk diet yang bisa kamu unduh di smartphone.

Hindari Diet Ketat

Hindari diet ketat untuk berhasil diet dalam seminggu
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/jcomp

Salah satu cara agar kamu berhasil diet yang sehat dan bugar adalah dengan menghindari diet ketat. Meskipun kamu perlu memantau asupan kalori, namun bukan berarti hal itu membuatmu membatasi makanan yang dikonsumsi secara berlebihan dan berujung membuatmu diet ketat.

Selain itu, membatasi asupan makanan tertentu secara berlebihan juga akan membuat kamu justru menginginkannya lebih banyak. Sehingga hal ini dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi gula, yang dapat membuatmu bersiap untuk kenaikan berat badan setelah seminggu. Diet ketat juga dapat berisiko membuat seseorang yang sedang menjalani diet menjadi stres, bahkan dapat berisiko pada masalah kesehatan mental.

Makan Makanan Bernutrisi

Makan makanan bernutrisi untuk berhasil diet dalam seminggu
Makanan Bernutrisi/Foto: Timolina

Hal penting yang harus dilakukan jika ingin berhasil dalam diet adalah mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi. Menurut ahli gizi Jenna Hope, memasukkan lebih banyak makanan padat nutrisi ke dalam diet dapat membantu menggantikan beberapa  makanan 'tidak sehat' yang tinggi gula dan lemak tidak sehat yang biasanya kamu konsumsi. Ia juga menganjurkan untuk menambahkan asupan sayuran dalam setiap makan, terutama sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung. 

Berolahraga

Olahraga jadi salah satu faktor pendukung keberhasilan diet
Berolahraga/Foto: PFreepik.com/Tirachardz

Keberhasilan diet tak hanya ditentukan dari pola makan yang sehat saja, melainkan kebiasaan sehari-hari yang sehat, misalnya berolahraga.  Apapun jenis dan metode diet yang kamu pilih, sudah tentu kamu akan melakukan kalori defisit dan olahraga sangat penting untuk bisa berhasil dalam diet.

Tak perlu olahraga yang memberatkanmu, lakukan saja apapun olahraga yang kamu sukai, misalnya olahraga di rumah jika tak suka keramaian, atau jalan santai juga bisa, lho. Berapa banyak olahraga yang harus dilakukan tergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin kamu turunkan.  Setidaknya kamu berolahraga selama 150 menit dengan aktivitas intensitas sedang selama satu minggu. 

Pilih Camilan Sehat

Pilih camilan sehat saat diet
Buah/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Mulai dari keripik sampai gorengan, ini merupakan camilan favorit bagi banyak orang. Buat kamu yang suka banget makan camilan, tentu hal ini menjadi tantangan bahkan bisa membuatmu stres sendiri. Kamu tetap bisa makan camilan, namun kamu harus menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat, misal buah, kacang-kacangan atau granola bar.

Buat Perubahan Kecil

Diet tak hanya mengubah pola makan saja, melainkan juga pola hidup. Dalam diet kamu juga bisa mulai untuk mengubah kebiasaan tak sehat yang selama ini kamu lakukan yang menyebabkan berat badanmu meningkat. Misalnya, berhenti minum alkohol, mengurangi minuman berkalori tinggi dengan air putih, naik kendaraan umum jadi jalan kaki, dan lainnya. Perubahan kecil yang konsisten dilakukan akan membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu.

Nah, itu tadi 6 cara menurunkan berat badan dalam seminggu menurut ahli gizi, Beauties. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id