STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Jenis Olahraga yang Bantu Ratakan Perut Buncit Sekaligus Bikin Awet Muda, Tertarik Coba?

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 01 Sep 2022 09:30 WIB
4 Jenis Olahraga yang Bantu Ratakan Perut Buncit Sekaligus Bikin Awet Muda, Tertarik Coba?

Seiring bertambahnya usia, akan banyak sekali kekhawatiran yang mendera seseorang. Mulai dari munculnya berbagai macam penyakit, tubuh yang makin sulit bergerak bebas, kegemukan,  hingga masalah keriput di wajah.

Untungnya, semua kekhawatiran itu bisa dilawan apabila kamu rajin berolahraga. Ada beberapa macam olahraga yang tidak hanya bisa membuat tubuh makin sehat, tetapi juga ramping serta membuat penampilan kelihatan awet muda.

Dilansir dari Eat This Not That, inilah beberapa olahraga yang bisa membantu meratakan perut buncit sekaligus bikin awet muda. Yuk, simak!

Dumbbell Goblet Squat

Jenis squat yang satu ini biasa dikenal dengan nama Goblet Squat saja. Sementara itu, kata dumbbell ditambahkan karena olahraga yang satu ini memanfaatkan dumbbell sebagai alat bantu untuk digunakan. Sebagai alternatif lain, kamu bisa menggunakan kettlebell untuk penggantinya.

Awali gerakan dengan posisi berdiri sambil memegang dumbbell dalam posisi vertikal. Pastikan otot inti tetap kokoh saat kamu mendorong pinggul ke belakang hingga posisimu jongkok dengan paha yang sejajar lantai. Kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan ini sebanyak 3 set yang masing-masing terdiri dari 8 hingga 10 repetisi.

Barbell Romanian Deadlift

Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Scott Webb
Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Scott Webb

Alih-alih fokus pada punggung bagian bawah seperti deadlift pada umumnya, varian deadlift yang satu ini justru lebih fokus pada area hamstring dan glutes. Varian deadlift yang satu ini biasanya ditujukan bagi orang-orang yang punya masalah lutut, tetapi tetap ingin mencoba latihan deadlift.

Untuk melakukan gerakan ini, posisikan barbel di depan tubuhmu. Dorong pinggul ke belakang sambil menarik barbel turun hingga ke bagian betis. Saat melakukan gerakan ini, pastikan posisi dada tetap tinggi dan lutut tetap santai. Kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan ini sebanyak 3 set yang masing-masing terdiri dari 10 hingga 12 repetisi.

Incline Dumbbell Bench Press

Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Scott Webb
Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Scott Webb

Perlu digarisbawahi bahwa Incline Dumbbell Bench Press ini berbeda dengan Incline Bench Press biasa yang memanfaatkan barbel sebagai alat bantunya. Kamu bisa memulai Incline Dumbbell Bench Press dengan berbaring di bangku yang sudut kemiringannya dinaikkan sehingga posisi tubuh bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah.

Pegang sebuah dumbbell di masing-masing tangan dan angkat beban tersebut hingga posisi lengan lurus terangkat. Tarik kembali lengan yang mengangkat dumbbell dan arahkan beban ke arah dada. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set yang masing-masing terdiri dari 8 hingga 10 repetisi.

Cable Row

Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Sabel Blanco
Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Sabel Blanco

Duduklah pada mesin seated row dan letakkan kakimu secara mantap di bagian pijakan. Tarik pegangan pada mesin dan kencangkan kakimu hingga benar-benar berada pada posisi lurus.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan dada tetap tegak sambil mengarahkan lengan ke arah pinggul. Setelah merasa punggung dan otot latissimus dorsi pada lenganmu mengeras, luruskan atau kembalikan lengan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set yang masing-masing terdiri dari 10 hingga 12 repetisi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE