sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Buruk Saat Cuaca Panas Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan, Termasuk Sering Cuci Muka!

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 11:00 WIB
5 Kebiasaan Buruk Saat Cuaca Panas Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan, Termasuk Sering Cuci Muka!
caption

Merasa beberapa hari ini sangat panas? Kamu nggak sendiri kok, Beauties! Memang benar tengah terjadi gelombang panas di sejumlah wilayah di dunia.

Cuaca ekstrem lagi-lagi tengah melanda kita. Beberapa hari ini tengah terjadi fenomena suhu panas hingga mengakibatkan sejumlah kota di Indonesia mengalami suhu maksimalnya. Disinyalir, kondisi ini disebabkan karena adanya gelombang panas dan faktor posisi matahari pada saat ini.

Mengutip dari detikEdu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa benar Indonesia tengah memasuki fase awal kemarau. Selain pancaroba, cuaca panas di Indonesia juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti posisi matahari, pertumbuhan awan berkurang dan terjadinya gelombang panas atau heatwave.

Suhu panas dan terik yang beberapa hari ini tengah kita rasakan turut berimbas pada kegiatan sehari-hari. Bahkan turut mempengaruhi imunitas dan kesehatan tubuh.

5 Kebiasaan Saat Cuaca Panas Ini Harus Dihindari

Cuaca panas kerap membuat kita menjadi malas dan kurang bersemangat. Hawa panas yang menyengat juga mendorong kita untuk selalu bermain dengan air atau es.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh kita lakukan saat menghadapi cuaca panas? Karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Beauties, berikut beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari saat cuaca panas.

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Hindari cuci muka langsung usai terkena sinar matahari. Ini bahayanya/Foto: detikhealth.com
(Hindari cuci muka langsung usai terkena sinar matahari. Ini bahayanya/Foto: detikhealth.com)

Saat panas melanda, mencuci muka tentu menjadi kebiasaan yang sering kita lakukan. Membasuh wajah dengan air dingin memang menyegarkan, tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan ini justru akan berdampak buruk bagi kulit?

Melansir dari detikHealth, Dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin di EDMO Clinic Jakarta membenarkan bahwa terlalu sering cuci muka akan berdampak buruk.

"Mencuci wajah sesudah terkena panas sebetulnya bukan larangan mutlak. Namun memang sesudah terkena sinar matahari kulit agak meradang karena panas dan dalam keadaan kulit meradang jika langsung disiram air dingin dapat menyebabkan kulit stres," ujarnya.

2. Langsung Mandi Sehabis Terpapar Panas

Hindari kebiasaan langsung mandi usai terkena panas, sebaiknya pastikan suhu tubuh normal terlebih dahulu/Foto: pexels.com/Pixabay
(Hindari kebiasaan langsung mandi usai terkena panas, sebaiknya pastikan suhu tubuh normal terlebih dahulu/Foto: pexels.com/Pixabay)

Mandi untuk menyegarkan tubuh saat cuaca hari panas terik juga jadi kebiasaan yang seharusnya dihindari. Terlebih mandi langsung sehabis terpapar sinar matahari. Jika suhu air tidak disesuaikan juga berisiko akan mengalami pingsan.

Mengutip dari detikHealth, Spesialis kulit dr Laskmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada, Bali, mengatakan kalau ingin mandi, pastikan suhu tubuh dalam keadaan normal.

3. Terlalu Banyak Minum Es

Beresiko terkena flu dan batuk, hindari mengkonsumsi es atau dingin/Foto: pexels.com/FOX
(Beresiko terkena flu dan batuk, hindari mengkonsumsi es atau dingin/Foto: pexels.com/FOX)

Kebiasaan minum es atau air dingin saat cuaca panas sebenarnya tidak dilarang secara mutlak, tapi dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap kesehatan. Mengingat saat cuaca ekstrem seperti yang tengah melanda saat ini akan menyebabkan imunitas tubuh menurun.

Kebiasaan terlalu banyak minum air es akan memicu radang tenggorokan atau flu. Di samping itu, jika terlalu sering mengonsumsi minuman dingin manis seperti es krim, es sirup, soda dan lain-lain akan memicu risiko diabetes.

4. Lupa atau Malas Pakai Sunscreen

Agar kulit terlindungi, ini pentingnya menggunakan sunscreen selama cuaca panas/Foto: pexels.com/SHVETS production
(Agar kulit terlindungi, ini pentingnya menggunakan sunscreen selama cuaca panas/Foto: pexels.com/SHVETS production)

Satu lagi kebiasaan buruk yang harus dihindari saat menghadapi cuaca panas adalah lupa atau malas memakai sunscreen. Pemakaian sunscreen saat cuaca terik sangat penting guna perlindungan agar kulit tidak terpapar radiasi langsung sinar matahari.

Jika tidak memakai sunscreen, kulit akan menggelap, kering dan kusam usai terkena paparan matahari. Jangka panjangnya, paparan sinar matahari langsung secara terus-menerus tanpa proteksi dikhawatirkan akan memicu kanker kulit.

5. Kurang Minum Air Putih

Awas dehidrasi! Jangan lupa banyak minum air putih saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Awas dehidrasi! Jangan lupa banyak minum air putih saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kurang minum air putih saat cuaca panas dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu, pastikan untuk meminum air putih sesuai porsi yang dianjurkan.

Agar tubuh tetap terhidrasi, di samping memperbanyak minum, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin dan air untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat cuaca panas. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id