sign up SIGN UP

Duh, 5 Kesalahan Ini Ternyata Paling Sering Jadi Penyebab Gagal Diet, Ada yang Sering Dilakukan?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 16:00 WIB
Duh, 5 Kesalahan Ini Ternyata Paling Sering Jadi Penyebab Gagal Diet, Ada yang Sering Dilakukan?
Kesalahan yang Paling Sering Menjadi Penyebab Gagal Diet/Foto: Freepik.com/User18526052

Diet tentu merupakan cara menurunkan berat badan yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama para perempuan.

Memiliki berat badan yang ideal menjadi dambaan bagi setiap orang sehingga tidak jarang mereka melakukan usaha yang ekstra untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun, tidak sedikit orang yang gagal dalam program diet yang dijalaninya padahal sudah melakukan dengan sebaik mungkin. Lalu, apa penyebab gagal diet?

Dilansir dari Wolipop, ini dia deretan kesalahan yang menjadi penyebab gagal diet. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Kurang Mengonsumsi Protein

Kurang Mengonsumsi Protein
Kurang Mengonsumsi Protein/Foto: Freepik.com/Benzoix

Faktor penyebab gagal diet yang pertama yaitu kurangnya protein yang dikonsumsi. Protein merupakan nutrisi yang penting untuk membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi 25% hingga 30% protein akan meningkatkan metabolisme sebesar 80 hingga 100 kalori per hari. Sehingga otomatis kamu mengonsumsi ratusan kalori lebih sedikit sehari.

2. Tidak Latihan Angkat Beban

Tidak Latihan Angkat Beban
Tidak Latihan Angkat Beban/Foto: Freepik.com/Benzoix

Tidak melakukan latihan angkat beban secara rutin menjadi salah satu faktor penyebab gagal diet. Angkat beban membantu menjaga massa otot yang sering terbakar bersama lemak tubuh saat tidak berolahraga.

Angkat beban juga membantu mencegah penurunan metabolisme. Selain itu juga membuat postur tubuh kamu ramping dan berotot.

3. Tidak Tidur dengan Nyenyak

Tidak Tidur dengan Nyenyak
Tidak Tidur dengan Nyenyak/Foto: Freepik.com/Benzoix

Dilansir dari Wolipop, tidur yang cukup merupakan salah satu faktor terpenting kesehatan fisik dan mental serta berat badan. Tidak tidur dengan nyenyak tentu membuat kamu kurang tidur dan dapat menyebabkan gagal diet.

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk obesitas. Orang dewasa dan anak-anak yang kurang tidur memiliki 55% hingga 89% peningkatan risiko kenaikan berat badan.

4. Tidak Membatasi Konsumsi Gula

Tidak Membatasi Konsumsi Gula
Tidak Membatasi Konsumsi Gula/Foto: Freepik.com/Jcomp

Alasan gagal diet berikutnya yaitu tidak membatasi gula yang dikonsumsi. Yoghurt, smoothies, permen, kue mangkuk, oatmeal, bahkan nasi mengandung gula.

Selama program diet menurunkan berat badan, gula yang dikonsumsi harus dibatasi cukup sebanyak 22 gram atau 6 sendok teh per hari. Perhatikan dan hitung gula dari makanan yang akan kamu konsumsi ya!

5. Terlambat Sarapan atau Tidak Sarapan

Terlambat Sarapan atau Tidak Sarapan
Terlambat Sarapan atau Tidak Sarapan/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Kesalahan diet berikutnya yang harus dihindari adalah melewatkan sarapan. Tidak sedikit orang bangun kesiangan dan memutuskan untuk menunda sarapan.

Ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan karena otak bekerja dengan glukosa. Sehingga menunda atau melewatkan sarapan dapat mengurangi kekuatan otak dan meningkatkan risiko stres, terutama jika kamu harus menghadapi beban kerja.

Nah Beauties, itu dia deretan kesalahan yang sering menjadi penyebab gagal diet seseorang. Yuk mulai sekarang hindari kesalahan di atas agar program diet kamu berhasil dan tidak sia-sia. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id