sign up SIGN UP

Jangan Anggap Remeh, Sakit Gigi Ternyata Bisa Berujung Kista! Ini Penjelasan Dokter

Husnul Hayati | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 09:30 WIB
Jangan Anggap Remeh, Sakit Gigi Ternyata Bisa Berujung Kista! Ini Penjelasan Dokter
caption

Sakit gigi adalah hal yang bisa terjadi pada setiap orang. Selain merasakan ngilu dan nyeri pada gigi, hal ini juga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun, kebanyakan orang memilih untuk mendiamkannya begitu saja hingga sembuh, dari pada harus berobat ke rumah sakit.

Padahal, jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, sakit gigi bisa berubah jadi kista, lho! Wah, kok bisa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Sakit Gigi Bisa Berubah Jadi Kista

Foto : Pexels.com
Ilustrasi perawatan gigi: Foto: Pexels.com

Jika sakit gigi terus menerus dibiarkan begitu saja, maka akan memicu komplikasi yang serius. Dijelaskan secara medis oleh dokter spesialis gigi prostodonsia, drg Andy Wirahadikusumah, SpPros, dari PDEC x Tooth & Co Dental Clinic bahwa jika sakit gigi tidak diberi obat atau perawatan dalam waktu dekat maka akan memicu infeksi. Infeksi ini nantinya bisa menjadi abses gigi hingga menimbulkan kista.

“Jika mengalami sakit gigi dan tidak diberikan obat dalam waktu dekat, nantinya akan timbul infeksi yang semakin meluas. Semula bisa abses, namun dalam jangka panjang bisa menjadi penyakit yang serius yaitu kista,” jelasnya saat ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada, Senin (6/6), dikutip dari detikHealth.

Foto : Pexels.com
Ilustrasi perawatan gigi: Foto: Pexels.com

drg Andy menegaskan bahwa perawatan lebih kompleks akan diperlukan apabila telah terjadi kista akibat sakit gigi, termasuk pengambilan tulang gigi. Jadi, sakit gigi yang semula dianggap biasa dan akan sembuh dengan sendirinya ternyata tidak bisa dibiarkan begitu saja. Perawatan gigi sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya penyakit serius ini.

Foto : Pexels.com
Ilustrasi perawatan gigi: Foto: Pexels.com

“Nantinya kalau sudah timbul kista, akan lebih mungkin yang tadinya hanya 1 gigi saja yang harus kita threat, bisa jadi harus dicabut. Karena adanya kista di dalam giginya, ini akan menjalar ke gigi tetangganya atau bahkan jaringan–jaringan yang ada di sekitarnya. Hal ini akan dibutuhkan penanganan yang serius, seperti melakukan operasi kecil. Tentunya harus mengambil gigi yang bermasalah dan tentunya gigi sebelahnya ataupun tulangnya juga harus diambil, jadi penanganan lebih kompleks dan serius,” lanjutnya.

Foto : Pexels.com
Ilustrasi perawatan gigi: Foto: Pexels.com

Jadi perawatan gigi memang harus dibutuhkan sejak dini dan secara teratur, nih, Beauties. Lebih baik mencegah agar tidak terjadi sakit gigi lebih dulu. Selalu jaga kesehatan gigi ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id