sign up SIGN UP

4 Cara Mencerahkan Gigi Secara Alami untuk Kembali Senyum Merekah, Catat Beauties!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 17:30 WIB
4 Cara Mencerahkan Gigi Secara Alami untuk Kembali Senyum Merekah, Catat Beauties!
caption

Memiliki gigi putih dan bersih tentunya menjadi impian setiap orang. Selain untuk kesehatan, gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri saat tersenyum dan bertemu orang lain.

Sebab, gigi juga menjadi hal yang kerap diperhatikan dari penampilan seseorang. Tak heran, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan gigi putih dan bersih. Bahkan mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan berbagai perawatan agar gigi tetap putih.

Saat ini pun ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencerahkan gigi menggunakan bahan-bahan alami. Harga yang lebih murah dan bahan yang mudah didapatkan membuat banyak orang mencobanya.

Melansir Healthline, beberapa cara alami berikut ini dapat membantu mencerahkan gigi. Simak yuk!

1. Menggunakan Minyak

Minyak kelapa menjadi salah satu minyak yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi
Minyak Kelapa/ Foto: Freepik.com/jcomp

Dalam budaya India dikenal istilah menarik minyak yang berguna untuk meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh. Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak di sekitar mulut untuk menghilangkan bakteri dan di bagian yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi terlihat kuning.

Secara tradisional, orang India menggunakan minyak bunga matahari atau minyak wijen. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan dan menjadi pilihan yang paling populer.

2. Baking Soda

Baking soda menjadi bahan alami dan mudah didapat untuk memutihkan gigi
Baking Soda/ Foto: Freepik.com/freepik

Memiliki sifat pemutih alami yang menjadi bahan populer untuk pembuatan pasta gigi umumnya. Baking soda berguna untuk membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi, sampai mencegah pertumbuhan bakteri.

Namun, penggunaan baking soda untuk menyikat gigi harus diperhatikan perubahan gigi dari waktu ke waktu agar tidak terjadi kerusakan.

3. Memakan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran untuk memutihkan gigi
Buah dan Sayuran/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah ternyata dapat membantu menghilangkan plak saat mengunyahnya loh, Beauties. Karena buah dan sayur yang masih renyah saat bergesekan dengan gigi dapat membantu memudarkan permukaan gigi.

Stroberi dan nanas menjadi buah yang paling direkomendasikan. Mencampurkan stroberi dengan baking soda merupakan bahan alami yang paling populer digunakan. Sementara itu, buah nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda gigi dibanding pasta gigi standar.

4. Rajin Menyikat Gigi dan Flossing

Rajin menyikat gigi dan flossing secara teratur
Menyikat Gigi dan Flossing/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Hal yang paling umum dilakukan adalah rajin menyikat gigi dan flossing secara teratur. Sebab, cara ini dapat membantu gigi tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut dan mencegah penumpukan plak.

Pasta gigi membantu menggosok noda pada gigi, sementara flossing membantu menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab plak.

Mudah bukan Beauties cara mencerahkan gigi secara alami di atas? Jangan lupa untuk menerapkannya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id