sign up SIGN UP

5 Ide Resep Infused Water dan Manfaatnya untuk Tubuh, Termasuk Bikin Langsing dan Hilangkan Stres!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 06:15 WIB
5 Ide Resep Infused Water dan Manfaatnya untuk Tubuh, Termasuk Bikin Langsing dan Hilangkan Stres!
caption

Beauties, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan minuman detox atau disebut infused water, kan? Minuman yang satu ini kerap dikonsumsi sebagai minuman diet yang dapat membantu menurunkan berat berat.

Namun tak hanya itu, banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh yang ada pada infused water. Hal ini tergantung pada jenis buah dan sayur yang digunakan sebagai campuran, yang nantinya bermanfaat bagi tubuh.

Mencampurkan buah dan sayuran dalam botol air, yang nantinya menghasilkan perasa dari sari buah dan sayuran. Tanpa menambahkan gula, infused water dapat langsung diminum sebagai detox water yang memiliki kandungan kalori rendah.

Manfaat Infused Water untuk Tubuh

Ilustrasi infused waterInfused water/ Foto: Freepik.com

Banyak manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi infused water bagi kesehatan. Mengutip WebMD, beberapa manfaat dari infused water yakni:

  • Mencegah dehidrasi
  • Menurunkan berat badan
  • Mendukung pengobatan kanker, dan lainnya.

Manfaat infused water juga disesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Resep Infused Water dan Manfaatnya untuk Tubuh

Infused water ini dapat dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak ragam resep infused water yang baik untuk kesehatan tubuh. Beauties dapat membuatnya sendiri di rumah, dengan berbagai bahan-bahan yang sederhana, tapi khasiatnya tetap bisa dirasakan oleh tubuh. 

Mengutip laman Bella Beat, berikut resep infused water dan manfaatnya untuk tubuh. Simak yuk!

1. Stroberi dan Mentimun

Infused Water Strawberry dan Mentimun untuk menghidrasi tubuh
Ilustrasi Infused Water Strawberry dan Mentimun/ Foto: Freepik.com/topntp26

Campuran kedua buah yang memiliki kandungan air yang tinggi ini, dinilai dapat menghidrasi tubuh dengan nutrisi baik yang sehat untuk tubuh.

Bahan:

  • ½ cangkir stroberi
  • ½ cangkir mentimun 
  • 5 gelas air

Stroberi memiliki antioksidan yang tinggi, meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mentimun kaya antioksidan, membantu menurunkan berat badan, rendah kalori, dan membantu memperkuat tulang. Sehingga, jika kedua bahan sederhana yang mudah kita temukan sehari-hari ini disatukan, maka akan ada manfaat baik juga yang dirasakan.

2. Lemon dan Jeruk Nipis

Infused Water Lemon dan Jeruk Nipis untuk membersihkan racun dalam tubuh
Ilustrasi Infused Water Lemon dan Jeruk Nipis/ Foto: Freepik.com/8photo

Menjadi bahan campuran yang paling digemari, lemon dan jeruk nipis bermanfaat untuk meremajakan tubuh dan membersihkan racun pada tubuh. 

Bahan:

  • 1 buah lemon, iris tipis
  • ½ jeruk nipis, iris tipis
  • 3 daun kemangi
  • 5 gelas air

Lemon sendiri memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, detokfikasi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fungsi otak. Sedangkan jeruk nipis membantu untuk meningkatkan kualitas kulit dan sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, dan mencegah batu ginjal.

3. Nanas dan Pomegranate

Infused Water Nanas dan Pomegranate untuk mengembalikan cairan tubuh
Ilustrasi Infused Water Nanas dan Pomegranate/ Foto: Freepik.com/topntp26

Memberikan kesegaran pada tubuh, nanas dan pomegranate memiliki kandungan air yang tinggi dapat membantu tetap terhidrasi. Pilihan Infused water yang satu ini bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh setelah beraktivitas seharian.

Bahan:

  • 2 iris nanas, potong dadu
  • 1 cangkir pomegranate, hancurkan
  • 5 gelas air

Nanas dapat membantu sakit tenggorokan, melancarkan pencernaan, memiliki sifat anti-inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, Pomegranate berfungsi untuk membantu pencernaan, memiliki sifat anti-inflamasi, dan menjaga kekebalan tubuh.

4. Blueberry dan Mint

Infused Water Blueberry dan Mint untuk mengembalikan semangat dan mengurangi stress
Ilustrasi Infused Water Blueberry dan Mint/ Foto: Freepik.com/freepik

Lelah bekerja seharian, campuran kedua buah ini dapat mengembalikan semangat dan mengurangi stres. Infused water ini cocok dikonsumsi setelah lelah bekerja.

Bahan:

  • 1 cangkir blueberry
  • 10 lembar daun mint
  • 5 gelas air

Blueberry bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah infeksi kandung kemih, melancarkan buang air besar, dan meningkatkan kesadaran mental dan fokus. Lalu, daun mint bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengobati sakit kepala dan mual, mengurangi depresi dan stres. Sehingga, kedua campuran ini akan sangat baik jika dikonsumsi setelah seharian bekerja, untuk meredakan stres.

5. Kunyit, Jeruk, dan Jeruk Bali

Infused Water Kunyit, Jeruk, dan Jeruk Bali untuk meningkatkan suasan tubuh
Ilustrasi Infused Water Kunyit, Jeruk, dan Jeruk Bali/ Foto: Freepik.com/8photo

Berguna sebagai penambah energi tubuh, kandungan vitamin C bermanfaat sebagai kekebalan tubuh. Selain itu, campuran infused water ini dapat meningkatkan suasana tubuh.

Bahan:

  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 jeruk, iris tipis
  • ½ jeruk bali, iris tipis
  • 5 gelas air

Kunyit bermanfaat untuk mengurangi penuaan, meningkatkan mood, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sedangkan jeruk kaya akan vitamin C, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kerusakan kulit, dan membantu mengatur kadar gula darah. Ditambah dengan jeruk Bali kaya akan antioksidan dan vitamin C, dapat membantu mengatur nafsu makan, dan meningkatkan pencernaan.

Beauties, itu dia deretan resep infused water dan manfaatnya untuk tubuh. Jadi kamu bersiap untuk mencoba yang mana nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id