sign up SIGN UP

Jangan Anggap Sepele, Batuk Lebih Dari 3 Minggu Bisa Jadi Gejala Batuk Kronis, Ini Penjelasannya!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 06:15 WIB
Jangan Anggap Sepele, Batuk Lebih Dari 3 Minggu Bisa Jadi Gejala Batuk Kronis, Ini Penjelasannya!
caption

Beauties, apakah kamu memperhatikan bahwa akhir-akhir ini banyak yang mengalami batuk dan beberapa penyakit lain seperti demam dan flu? Atau mungkin, kamu juga mengalaminya sendiri? Di masa peralihan musim seperti ini, sangat mungkin seseorang mengalami penyakit seperti demam, batuk, dan flu.

Namun, jangan dianggap sepele, sebab ada beberapa kondisi batuk yang perlu kamu waspadai. Salah satunya yaitu batuk yang terjadi berkepanjangan. Dirangkum Healthline, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini, yuk!

Klasifikasi Batuk

Waspadai batuk yang terjadi berdasarkan dari durasinya
Batuk/foto: pexels.com/edward-jenner

Berdasarkan durasi terjadinya batuk, terdapat dua jenis klasifikasi batuk, yaitu batuk akut dan batuk kronis.

Batuk Akut

Batuk akut yaitu batuk yang berlangsung kurang dari tiga minggu. Dalam beberapa kasus seperti setelah terjadinya infeksi pernafasan, batuk yang bertahan antara durasi tiga hingga delapan minggu disebut batuk sub-akut. Batuk akut dapat disebabkan oleh iritasi lingkungan seperti asap maupun debu. Ada pula yang mengalami batuk akut karena terjadinya alergi, seperti alergi serbuk bunga, bulu hewan, atau jamur.

Selain faktor eksternal, batuk akut juga bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem pernafasan seperti contohnya pengidap asma. Pada infeksi saluran pernafasan bagian atas, penyebab terjadinya yaitu adanya virus flu atau sinus. Sedangkan pada infeksi saluran pernafasan bagian bawah, penyebabnya yaitu bronkitis atau pneumonia.

Batuk Kronis

Adalah batuk yang berlangsung lebih dari 8 minggu. Penyebab umum yang paling sering terjadi yaitu karena terpapar asap rokok, adanya kondisi pernafasan kronis seperti bronkitis kronis, asma, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), adanya penyakit refluks gastroesofagus disseas (GERD), hingga kanker paru-paru.

Kapan Harus Berkunjung ke Dokter?

Kunjungi dokter jika batuk menunjukan beberapa gejala lain
Batuk/foto: pexels.com/polina-tankilevitch

Batuk yang disebabkan oleh iritasi, alergen atau infeksi biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Tetapi ada baiknya untuk mengunjungi dokter saat batuk sudah terjadi selama lebih dari 3 minggu atau terjadi bersamaan dengan salah satu gejala berikut:

  • Demam
  • Sesak nafas
  • Lendir tebal berwarna hijau atau kuning
  • Berkeringat di malam hari
  • Penurunan berat badan yang mendadak dan tidak bisa dijelaskan

Selain beberapa hal di atas, segera cari perawatan darurat apabila terjadi beberapa hal berikut:

  • Kesulitan bernafas
  • Batuk berdarah
  • Demam tinggi
  • Nyeri dada
  • Hilang kesadaran dan disorientasi

Lakukan Pencegahan dan Penanganan Berikut!

Lakukan penanganan dan pencegahan ini di rumah
Obat Batuk/foto: pexels.com/cottonbro

Sebagai langkah untuk mencegah dan menangani batuk, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut:

  • Obat batuk over-the-counter (OTC). Jika kamu mengalami batuk basah, ekspektoran OTC dapat melonggarkan lendir pada paru-paru. Pilihan lain dapat juga berupa obat antitusif untuk menekan refleks batuk. Hindari pemberian obat-obatan ini pada anak di bawah usia 6 tahun.
  • Permen pelega tenggorokan.¬† Menghisap permen pelega tenggorokan dapat meredakan batuk atau tenggorokan yang¬†mengalami iritasi.
  • Minuman hangat. Teh atau kaldu dapat mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi. Air hangat atau teh dengan lemon dan madu juga dapat membantu.
  • Kelembapan udara. Menambah kelembapan udara tambahan dapat membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi karena batuk. Kamu bisa menggunakan alat pelembap udara.
  • Hindari iritasi lingkungan. Cobalah untuk menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut seperti asap rokok, debu, dan asap kendaraan.
Gunakan masker untuk mengurangi penularan batuk
Memakai Masker/foto: pexels.com/evg-kowalievska

Hal yang paling penting yang perlu kamu lakukan adalah, jangan ragu untuk mengunjungi dan berkonsultasi secara medis. Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan akses atau terkendala kesibukan, gunakan layanan konsultasi secara online untuk mendapatkan rekomendasi obat dan penanganan yang tepat. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id