sign up SIGN UP

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Diet Sup Kubis, Salah Satu Diet Ekstrem yang Tidak Direkomendasikan!

Retno Anggraini | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 11:45 WIB
5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Diet Sup Kubis, Salah Satu Diet Ekstrem yang Tidak Direkomendasikan!
caption

Beauties, apa kamu pernah mendengar tentang diet sup kubis? Diet ini termasuk dalam diet ekstrem yang tidak direkomendasikan oleh ahli nutrisi. Pelaku diet sup kubis diwajibkan mengonsumsi 2 sampai 3 porsi sup kubis per hari yang dibarengi dengan makanan tambahan tertentu, seperti buah atau daging sapi.

Cara kerja diet sup kubis hampir sama dengan diet apel dan diet nanas, di mana diet ini termasuk diet cepat. Pelaku diet sup kubis harus melakukannya selama 7 hari. Merangkum dari The Healthy, mari kita simak 5 hal yang perlu kamu tahu tentang diet sup kubis ini.

Cara Kerja Diet Sup Kubis

Cara kerja diet sup kubis
Cara kerja diet sup kubis/foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Diet sup kubis bekerja dengan memulai metabolisme tubuh dan mobilisasi lemak kamu. Diet ini membatasi jumlah asupan kalori dan memaksa tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan kadar natrium yang rendah dan tinggi serat memungkinkan kamu menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan mengikuti metode diet jangka panjang.

Memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah, sup kubis sering diresepkan untuk penderita obesitas karena dietnya yang tinggi serat dan rendah kalori. Ini juga yang menjadi alasan orang-orang memilih metode diet sup kubis.

Tidak Boleh Dilakukan Lebih dari 7 Hari

Tidak boleh dilakukan lebih dari seminggu
Tidak boleh dilakukan lebih dari seminggu/Foto: Freepik.com/8photo

Metode diet sup kubis tidak boleh dilakukan lebih dari seminggu atau dalam jangka panjang. Mengonsumsi makanan rendah kalori dalam jangka waktu yang lama akan menghentikan penurunan berat badan dan akan membuat kamu mudah merasa lapar. 

Selain itu, diet ini memiliki kekurangan beberapa nutrisi penting, seperti lemak dan protein yang sehat. Lemak sehat diperlukan agar vitamin tertentu dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Apa Diet Sup Kubis Aman Dilakukan?

Keamanan diet sup kubis
Keamanan diet sup kubis/Foto: Freepik.com/jcomp

Semua tergantung pada kondisi kesehatan kamu. Diet sup kubis merupakan diet yang sangat rendah karbohidrat. Selain itu, tergantung juga dari cara pembuatannya dan bisa menjadi tinggi akan sodium. Karena kurang akan nutrisi penting, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya jika kamu ingin mengikuti diet singkat ini.

Selain itu, diet dalam waktu singkat tidak didasarkan pada pola makan sehat. Diet seperti ini melibatkan pembatasan kelompok makanan utuh dan pembatasan kalori yang ekstrem. Pembatasan kalori yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Selama Menjalani Diet Sup Kubis

Makanan lain yang boleh dikonsumsi
Makanan lain yang boleh dikonsumsi/Foto: Pixabay.com/RitaE

Menurut Guide Doc, semua tergantung pada variasi diet sup kubis yang kamu ikuti. Namun, ada beberapa contoh makanan tambahan yang bisa kamu tiru seperti di bawah ini.

  • Hari ke-1: Sup kubis dan buah, kecuali pisang.
  • Hari ke-2: Sup kubis dan sayuran hijau, tanpa buah.
  • Hari ke-3: Sup kubis, sayur, dan buah-buahan.
  • Hari ke-4: Sup kubis, pisang, dan susu skim.
  • Hari ke-5: Sup kubis, daging sapi atau ayam tanpa kulit, dan tomat.
  • Hari ke-6: Sup kubis, daging sapi, dan sayuran.
  • Hari ke-7: Sup kubis, nasi merah, jus buah tanpa pemanis, dan sayuran.

Efek Samping Diet Sup Kubis

Efek samping
Efek samping/Foto: Unsplash.com/Eric Prouzet

Ada beberapa efek samping yang harus kamu terima saat melakukan metode diet sup kubis, Beauties. Karena sup kubis rendah akan karbohidrat, kemungkinan kamu akan mudah merasa lapar jauh lebih besar.

Nutrisi pada diet sup kubis juga tidak memadai karena kurangnya asupan protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, beberapa pelaku diet ini cenderung menderita kekurangan nutrisi.

Jika kamu sangat menyukai berbagai macam sup sayuran, tidak ada salahnya untuk membuat sup kubis satu ini. Tapi, jika kamu berniat untuk melakukan metode diet sup kubis, sebaiknya pikirkan baik-baik dan konsultasikan kepada ahlinya dulu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id