sign up SIGN UP

Jangan Lengah Menjaga Berat Badan, Ini 4 Cara Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Kamis, 05 May 2022 19:30 WIB
Jangan Lengah Menjaga Berat Badan, Ini 4 Cara Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran
caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, Lebaran menjadi ajang 'balas dendam' untuk makan berbagai makanan lezat berkalori tinggi setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Berbagai makanan yang sering dihidangkan saat Lebaran antara lain seperti makanan bersantan hingga manis.

Tanpa disadari, berat badan gampang naik akibat pola makan yang tidak teratur dari bulan Ramadan hingga Lebaran. Selain itu, hal ini tentunya bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit juga, nih, Beauties!

Agar tubuh kembali sehat dan berat badan dapat turun seperti semula, kamu harus segera menerapkan pola makan sehat. Berikut ini beberapa cara mengatur pola makan setelah Lebaran yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Check this out!

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan kaya serat/Foto: Freepik.com/timolina
Makanan kaya serat/Foto: Freepik.com/timolina

Saatnya mengganti asupan makanan kamu menjadi lebih sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan. Tujuannya agar pencernaan bekerja lebih lancar setelah banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Sayuran yang mengandung banyak serat, di antaranya wortel, selada, labu, bayam, jamur, asparagus, brokoli, kentang, dan kacang panjang. Sementara itu, buah yang kaya akan serat seperti buah pir, jeruk, mangga, apel, kiwi, pisang, sukun, dan nangka. Sebaiknya makanan tinggi serat dikonsumsi secara utuh, atau boleh juga diolah menjadi salad.

Mengganti Nasi Putih Menjadi Nasi Merah

Nasi merah/Foto: Freepik.com/topntp26
Nasi merah/Foto: Freepik.com/topntp26

Mengonsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dan alternatif karbohidrat yang aman. Inilah mengapa nasi merah disarankan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan memulai program diet. Selain itu, nasi merah juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Efek kenyang lebih lama akan kamu rasakan setelah mengonsumsi nasi merah. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah bermanfaat menghilang endapan lemak dalam usus besar, dan melancarkan pencernaan.

Hindari Teknik Masak Menggoreng

Masakan dengan teknik menggoreng/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva
Masakan dengan teknik menggoreng/Foto: Pexels.com/Valeria Boltneva

Untuk lauk pauk, sebaiknya kamu menghindari teknik masak menggoreng. Jika kamu ingin memakan daging ayam, kamu bisa mencoba metode mengukus atau memanggangnya agar lebih sehat, Beauties.

Namun, bila kamu memang ingin sesekali menggoreng makanan, kamu bisa mengganti minyak sawit menjadi minyak zaitun, kelapa, jagung, atau kacang. Beberapa minyak yang disebutkan itu memiliki kandungan lemak tidak jenuh ganda yang lebih sehat bagi tubuh daripada minyak sawit.

Minum Air Mineral

Minum air  mineral/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Minum air mineral/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar sistem metabolisme tubuh dan pencernaan kembali normal seperti sediakala. Daripada minum minuman manis seperti soda dan jus, lebih baik minum air mineral yang tidak mengandung lemak dan kalori.

Tak hanya itu, air mineral adalah sumber terbaik elektrolit yang dapat membantu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan elektrolit, maka bisa menimbulkan kondisi dehidrasi. 

Itulah beberapa cara mengatur pola makan setelah Lebaran yang bisa kamu lakukan agar berat badan tetap terjaga dan tubuh tetap sehat, dihimpun dari detikFood. Mengingat perayaan Lebaran menjadi momen setiap tahun yang dinanti-nanti, pastikan kamu tetap bisa mengatur pola makan sehat, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id