sign up SIGN UP

Jelang Idul Adha, Ini Kiat Terhindar dari Kolesterol Tinggi

Octaviani | Beautynesia
Kamis, 15 Jul 2021 08:30 WIB
Jelang Idul Adha, Ini Kiat Terhindar dari Kolesterol Tinggi
caption

Jelang Idul Adha, pasti sudah terbayang berbagai menu olahan daging ya, Beauties. Hari Raya Idul Adha memang kurang pas jika tanpa hidangan daging seperti sate, rendang, maupun gulai.

Tapi hati-hati, kolesterol tinggi pun mengintai setelah kalap makan daging dan santan. Kondisi kolesterol yang tinggi jelas berbahaya bagi tubuh, karena memicu beragam masalah kesehatan yang serius. Antara lain serangan jantung dan stroke.

Sebenarnya peningkatan kolesterol terjadi karena pengolahan yang terlalu banyak menambahkan garam, santan atau minyak pada olahan daging. Demikian menurut Dokter Ahli Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP.

"Yang penting adalah makan secukupnya, jika sudah mengkonsumsi daging saat makan siang, maka makan pagi dan malam bisa pilih menu lain. Selain itu perhatikan pilihan bumbu untuk memasak daging, jangan terlalu banyak garam supaya tidak meningkatkan tekanan darah," ungkapnya seperti dikutip dari detikHealth.

Untuk terhindar dari kolesterol yang tinggi setelah mengkonsumsi daging, konsumsilah makanan sehat sebagai penyeimbang. Berikut kiatnya seperti dirangkum dari Healthline, Beauties!

Alpukat

Alpukat penurun kolesterol
Alpukat penurun kolesterol/freepik.com/jcomp

Buah ini memang terkenal bagi pelaku hidup sehat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol.

Anggur dan Strawberry

Anggur penurun kolesterol
Anggur penurun kolesterol/freepik.com/jigsawstocker

Pektin adalah salah satu serat yang mampu menurunkan kolesterol hingga 10%. Serat pektin ini bisa didapat dari buah apel, anggur, jeruk dan stroberi. Konsumsi anggur dan strawberry juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Salmon

Salmon untuk menurunkan kolesterol
Salmon untuk menurunkan kolesterol/freepik.com/lifeforstock

Dikenal sebagai ikan dengan lemak sehat, salmon juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menyehatkan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Yang terpenting, hindari pengolahan salmon dengan cara digoreng, Beauties.

Dark Chocolate

Makanan favorit kebanyakan orang yang mampu menurunkan kolesterol, salah satunya adalah dark chocolate. Kandungan cocoa di dalamnya mampu melindungi dari kolesterol jahat dalam darah melalui oksidasi, yang mana umumnya dapat menjadi penyebab sakit jantung.

Sebaiknya konsumsi dark chocolate tanpa tambahan gula karena itu justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan.

Teh

Kandungan catechins dan quercetin dalam teh memiliki peran penting untuk kesehatan tekanan darah. Catechins juga bantu hambat sintesis dan penyerapan kolesterol. Sementara quercetin meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

Namun sebaiknya hindari juga konsumsi teh dengan gula yang berlebih, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id