BILLBOARD
970x250

Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ini Deretan Bahaya dari Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur, Duh!

VIVIT MUFIDAH | Beautynesia
Rabu, 29 Mar 2023 03:00 WIB
Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ini Deretan Bahaya dari Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur, Duh!

Tidur setelah sahur mungkin terdengar seperti kegiatan yang menyenangkan dan nyaman, terutama bagi orang-orang yang puasa. Namun, tidur setelah sahur sebenarnya memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan kamu loh, Beauties.

Dilansir dari CNN Indonesiaberikut adalah 7 bahaya tidur setelah sahur yang perlu kamu ketahui. Yuk simak!

1. Meningkatkan Risiko Asam Lambung

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan risiko asam lambung karena makanan yang belum dicerna tetap berada di perut. Untuk mencegah bahaya tidur setelah sahur dan meningkatkan risiko asam lambung, disarankan untuk menunggu setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan sebelum tidur.

Selain itu, hindari makanan yang berlemak, pedas, atau asam saat sahur, dan pilihlah makanan yang sehat dan seimbang untuk mencegah peningkatan asam lambung. Menghindari minuman berkafein, alkohol, dan merokok juga dapat membantu mencegah gejala asam lambung yang lebih serius.

2. Sakit Tenggorokan

Ilustrasi sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan/ Foto: Pexels.com/ Gustavo Fring

Tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini karena makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat selama sahur dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan memperparah gejala jika kamu tidur terlalu cepat setelah makan.

Makanan yang pedas, asam, dan berlemak selama sahur dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat tenggorokan terasa sakit.

3. Memicu GERD

Tidur dalam keadaan perut yang penuh dapat memicu munculnya gejala GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) seperti sensasi terbakar di dada, sakit dada, dan masalah pencernaan lainnya.

Hal ini karena ketika kamu tidur dalam posisi miring atau berbaring terlentang setelah makan, isi lambung dapat kembali naik ke kerongkongan karena tidak ada gaya gravitasi yang menahan. Selain itu, makanan yang tidak dicerna dengan baik juga dapat menyebabkan masalah pencernaan yang dapat memicu GERD.

4. Serangan Jantung

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Hal ini terkait dengan efek tidur setelah makan pada sistem pencernaan, metabolisme tubuh, dan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah dapat memperburuk kondisi yang sudah ada dan memicu risiko terjadinya serangan jantung.

Bahaya Tidur Setelah Sahur Selanjutnya: Bisa Naikkan Berat Badan!

5. Menaikkan Berat Badan

Jika kamu sering tidur setelah sahur, maka ini dapat memicu peningkatan berat badan dalam jangka panjang. Jika terus terjadi, ini dapat meningkatkan risiko terkena obesitas dan penyakit terkait, seperti diabetes, dan penyakit jantung.

Selain itu, jika kamu terus tidur setelah sahur, mungkin merasa lapar lebih cepat dan lebih sering, sehingga cenderung makan lebih banyak dan lebih sering, yang juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas.

6. Menimbulkan Gangguan Tidur

Ilustrasi gangguan tidur
Menimbulkan gangguan tidur/ Foto: Pexels.com/ cottonbro studio

Jika kamu tidur terlalu cepat setelah makan sahur, maka proses pencernaan kita belum selesai dan ini dapat menyebabkan masalah tidur seperti mimpi buruk, bangun dengan perut kembung, dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Tidur setelah sahur dapat menyebabkan gangguan tidur, karena makanan yang belum dicerna dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan pada sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan bangun di malam hari dan mengganggu kualitas tidurmu, Beauties. 

7. Sembelit

Tidur setelah sahur juga dapat meningkatkan risiko sembelit. Sembelit terjadi ketika buang air besar menjadi sulit atau tidak teratur. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh atau karena pola makan yang tidak sehat, terutama jika kamu tidur setelah makan.

Makanan yang tidak seimbang selama sahur, seperti makanan yang terlalu tinggi karbohidrat atau kurang serat, dapat membuat sulit bagi tubuh untuk mencerna dan membuang sisa makanan. Hal ini dapat memicu sembelit dan membuat buang air besar menjadi tidak teratur.

Nah, itu dia Beauties, deretan bahaya tidur setelah sahur. Sebaiknya, hindari tidur setelah makan sahur dan berikan tubuhmu waktu untuk mencerna makanan sebelum kamu tidur ya!

**

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE