BILLBOARD
970x250

Kapan Waktu Terbaik Berolahraga Selama Puasa? Cek Jawabannya di Sini, Beauties!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 18 Apr 2022 07:45 WIB
Kapan Waktu Terbaik Berolahraga Selama Puasa? Cek Jawabannya di Sini, Beauties!

Olahraga punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun di bulan puasa, kegiatan ini cenderung dihindari karena ditakutkan akan membuat tubuh lemas dan memicu dehidrasi. 

Padahal, puasa tidak seharusnya menjadi penghalang untuk berolahraga, lho. Justru melakukan olahraga saat berpuasa memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh tetap fit.

Nah, agar tetap 'aman', kapan sih sebenarnya waktu ideal untuk berolahraga selama puasa?

Waktu Berolahraga Saat Puasa

olahraga saat puasa
Olahraga saat puasa/Foto: Freepik/Alidrian

Tetap bergerak aktif dan melakukan olahraga saat puasa memang dapat membawa pengaruh positif bagi tubuh. Namun untuk melakukannya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya mengenai waktu terbaik yang dianjurkan para ahli. 

Mengutip dari CNN Indonesiawaktu yang dianjurkan untuk melakukan olahraga selama puasa adalah di sore hari menjelang berbuka. Tidak harus setiap hari, kamu bisa berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan waktu 15 - 30 menit per harinya.

Selain di sore hari, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk berolahraga di malam hari setelah berbuka. Waktu ini sangat dianjurkan karena tubuh sudah kembali mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Namun saat berolahraga di malam hari, hindari melakukannya pada 2 - 3 jam mendekati waktu tidur ya, Beauties. Karena kondisi tubuh yang masih fit dan denyut nadi masih tinggi bisa membuatmu jadi sulit tertidur.

Memilih Intensitas Olahraga yang Tepat

olahraga saat puasa
Olahraga saat puasa/Foto: Freepik/Tirachardz

Selain mempertimbangkan waktu berolahraga, kamu juga perlu memerhatikan intensitas olahraga yang dilakukan. Saat berolahraga menjelang berbuka, kamu sebaiknya memilih aktifitas yang memiliki intensitas ringan karena perut tengah dalam kondisi kosong. 

Namun jika ingin melakukan olahraga setelah berbuka puasa, kamu bisa memilih olahraga dengan intensitas lebih tinggi, menyesuaikan kemampuan masing-masing.

Jenis Olahraga yang Dianjurkan

olahraga saat puasa
Olahraga saat puasa/Foto: Freepik/Freepik

Nah, jenis-jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama puasa pun beragam. Kamu bisa melakukan jalan cepat, jogging hingga bersepeda.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga indoor yang bisa dilakukan di dalam rumah, seperti yoga, pilates hingga latihan beban tanpa alat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE