sign up SIGN UP

Kebiasaan Makan dan Ngemil Baik yang Dianjurkan Bagi Perempuan Usia 40-an, Biar Sehat dan Bugar Terus!

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 02 Mar 2022 17:00 WIB
Kebiasaan Makan dan Ngemil Baik yang Dianjurkan Bagi Perempuan Usia 40-an, Biar Sehat dan Bugar Terus!
caption
Jakarta -

Memasuki maupun tengah menjalani usia 40-an, berarti ada hal-hal yang perlu diperhatikan, Beauties. Pasalnya tubuhmu nggak sama lagi dari sisi metabolisme ketika berusia 20 dan 30an tahun.

Karena metabolisme itu tadi, maka untuk menurunkan berat badan pun jadi agak sulit kalau dibanding usia sebelumnya. Karenanya penting untuk menjaga kebiasaan makan dan ngemil sehat yang dianjurkan. Apa saja?

Menambah Asupan Omega-3

Minyak alpukat yang bisa dipilih sebagai alternatif minyak goreng untuk masakan.Alpukat. /freepik/photoroyalty/

Menambah asupan ini bisa membantu kamu menurunkan BB serta mempertahankannya lebih lama, serta mencegah rasa lapar yang kerap datang. Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Obesity Review.

Kamu bisa mendapat makanan kaya omega-3 di biji rami, alpukat, minyak alpukat, kacang-kacangan, dan ikan berminyak seperti salmon.

Tingkatkan Asupan Serat

Karena adanya perubahan hormonal di usia 40-an, itu bisa membuat lingkar pinggang makin melebar. Untuk itu meningkatkan jumlah serat dalam makanan bisa membantu kamu mengatasinya, Beauties.

Selain itu, serat juga berperan dalam mengatasi perut kembung dan pencernaan yang melamban seiring dampak dari perubahan hormonal.

Hindari Gula

Terlalu tingginya kandungan gula pada minuman kaleng bersoda membawa pengaruh buruk pada kesehatan kulit.Ilustrasi minuman dengan kandungan gula tinggi. /Foto:Freepik.com/Topntp26/

Batasi konsumsi gula, karenanya kamu perlu skip gula artifisial pula. Penelitian di Yale University menemukan hubungan antara konsumsi pemanis dan peningkatan risiko obesitas, juga kelebihan lemak di perut.

Rutin Minum Teh Hijau

Dalam studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition, membuktikan bahwa menambahkan green tea dalam menu makan harian bisa membakar lemak, serta antioksidan yang terkandung di dalamnya, dikenal baik untuk kesehatan.

Almond untuk Camilan Sehat

Kacang almondKacang almond/ Foto: Freepik.com

Ganti camilan sehari-hari kamu dengan yang sehat dan bermanfaat. Almond contohnya. Dikutip dari laman Eat This, Not That, Almond bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu juga bisa mengatasi stres yang bisa menyebabkan kenaikan BB. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam Evidence Based Complementary and Alternative Medicine, makanan kaya magnesiun seperti almond bisa mengurangi kecemasan, menurukan kadar kortisol dan mengurangi kecenderungan tubuh menyimpan perut di lemak.

Skip Camilan Gurih

Ternyata garam ternyata cenderung bikin orang merasa lapar, bukan haus, lho. Demikian menurut penelitian yang dilakukan di Max Delbrück Center for Molecular Medicine.

Karenanya selain bikin tubuh tetap sehat, dan kalau mau ingin tetap langsing lebih baik ganti camilan gurih kaya garam dengan yang lebih sehat saja, ya!

--------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id