sign up SIGN UP

Kerokan Beneran Ampuh Atasi Masuk Angin? Dokter Ungkap Fakta Lengkapnya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 15:30 WIB
Kerokan Beneran Ampuh Atasi Masuk Angin? Dokter Ungkap Fakta Lengkapnya!
Kerokan Beneran Ampuh Atasi Masuk Angin?Ini Faktanya/Foto: iStock
Jakarta -

Masuk angin menjadi salah satu penyakit ringan, yang sering menimpa banyak orang. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari terkena cuaca dingin ekstrem, terkena angin malam, kebiasaan begadang, sampai kelelahan beraktivitas. 

Orang Indonesia, biasanya memilih kerokan sebagai cara tradisional untuk mengatasi masalah masuk angin. Dengan kerokan dan pijatan, banyak orang yang mengatakan 'sembuh' setelahnya. 

Tapi apakah kerokan beneran ampuh untuk atasi masuk angin? Simak selengkapnya di sini yuk!

Kerokan Beneran Ampuh Atasi Masuk Angin?

Tidak hanya di Indonesia, di Tiongkok orang mengenal istilah gua sha, yaitu kerokan dengan batu giokIlustrasi Kerokan/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich

Melansir detikHealth, dr Dewi Ema Anindia selaku praktisi kesehatan mengungkapkan jika kerokan pada dasarnya tidak menyembuhkan, tapi hanya menghilangkan gejala masuk angin. 

Ketika dikerok, terjadi reaksi radang yang memicu pelepasan hormon endorfin. Yang mana, pelepasan hormon endorfin itulah yang menyebabkan tubuh merasa nyaman dan tubuh jadi rileks.

"Gerakan kerokan menimbulkan peradangan lokal yang memicu pelebaran pembuluh darah dan memicu keluarnya morfin alami dalam tubuh yang dinamakan endorfin. Endorfin ini yang menimbulkan relaksasi pada tubuh dan relaksasi pada otot," ujar dr Dewi Ema.

Karena hal ini, banyak orang yang merasa 'sembuh' saat kerokan usai. 

Boleh Dilakukan, tapi Jangan Keseringan!

Ilustrasi kerokanIlustrasi Kerokan/ Foto: Shutterstock

Cara tradisional yang sudah banyak dilakukan masyarakat Indonesia ini sebenarnya boleh saja dilakukan. Namun, diingatkan agar tidak terlalu sering. 

Hal ini karena adanya efek samping yang ditimbulkan seperti lebam dan pecahnya pembuluh darah. Memang jika sesekali dilakukan, kerokan dapat melancarkan peredaran darah, dan membuatmu membaik. Tapi jika terlalu sering, tentu bisa berakhir bahaya.

"Boleh dilakukan namun jangan terlalu sering," kata dr Dewi Ema, seperti yang dikutip dari detikHealth

Ini Cara Alami Lainnya untuk Atasi Masuk Angin

Gejala mirip dengan flu dan masuk angin, ini yang perlu diwaspadai dari varian omicron/Foto: pexels.com/Andrea PiacquadioMasuk Angin/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain dengan kerokan, ada beberapa cara alami untuk atasi masuk angin. Adalah sebagai berikut:

1. Cukup istirahat, jika perlu siapkan jadwal agar tidur jadi teratur.

2. Mencukupi asupan air putih, dan menghindari minuman berasa sementara waktu. Jika ingin segar, bisa membuat jus alami di rumah.

3. Buat makanan hangat dan bergizi yang sederhana, seperti sup ayam bawang.

4. Buat minuman rempah, berisikan jahe, susu, dan madu. Dimana campuran tersebut bisa meningkatkan imunitas dan buat kamu jadi hangat. 

Kesimpulannya, kerokan memang bisa mengatasi gejala masuk angin ya, Beauties. Tapi jangan sering dilakukan, karena dapat mengundang efek samping.

Lalu sebagai catatan, jika gejala yang dirasa masuk angin disertai dengan nyeri dada, jangan memilih untuk dikerok, segeralah bawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan karena tanda tersebut merupakan gejala serangan jantung.

Sehat selalu untukmu ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id