sign up SIGN UP

Sering Merasa Kaki Sakit dan Pegal? Ini Sederet Cara untuk Mengatasinya, Yuk Cobain!

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 17:00 WIB
Sering Merasa Kaki Sakit dan Pegal? Ini Sederet Cara untuk Mengatasinya, Yuk Cobain!
Ilustrasi Sakit Kaki/Foto: Freepik/fabrikasimf

Beauties, kaki menjadi salah satu anggota tubuh yang sering digunakan ketika beraktivitas, seperti berolahraga, berbelanja di pusat perbelanjaan, bekerja, dan lainnya. Namun, semenjak pandemi Covid-19 terjadi, banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah demi memutus rantai penyebaran virus.

Akibatnya mereka harus memindahkan aktivitas luar ruangan menjadi di dalam rumah saja seperti bekerja, bersekolah, berolahraga, dan lainnya. Tidak hanya itu, selama berada di rumah pun mereka juga harus menjaga kesehatan seperti mengonsumsi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh.

Ilustrasi Sakit Kaki/Unsplash/Imani Bahati
Ilustrasi Sakit Kaki/Unsplash/Imani Bahati

Sayangnya, meski kesehatan tubuh terjaga, banyak dari mereka yang melupakan kesehatan kaki. Dr. Peden melalui Eat This, Not That menyampaikan bahwa selama pandemi banyak pasien yang datang mengeluh masalah kaki. Ia juga menyebutkan hal itu dikarenakan selama menjalankan aktivitas di rumah, orang-orang cenderung melupakan alas kaki serta perawatan untuk anggota tubuh tersebut. Padahal, merawat kaki bisa menghindarkan kita dari cedera umum seperti, tendonitis dan plantar fasciitis, bahkan juga dapat mencegah berkembangnya masalah lain dengan pinggul, lutut, serta punggung kamu.

Beauties, jika kamu sering mengalami sakit kaki atau ingin melakukan perawatan kaki, simak beberapa kiat di bawah ini, yuk!

Menggunakan Alas Kaki yang Tepat di Rumah

Ilustrasi Sandal Rumah/Freepik/rawpixel.com
Ilustrasi Sandal Rumah/Freepik/rawpixel.com

Sama seperti kamu yang memilih sepatu untuk bekerja, berolahraga, dan lainnya, ketika berada di rumah pun sebenarnya kamu juga perlu menggunakan alas kaki. Berjalan di rumah tanpa alas kaki tidak dianjurkan karena alasan yang sama berjalan tanpa alas di luar ruangan.

Dr. Peden mengatakan bahwa semua jenis alas kaki dapat melindungi kaki kita, sebab jika kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki untuk waktu yang lama, kaki kita akan mendapat tekanan besar pada lengkungan, persendian, dan lainnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai komplikasi dari kondisi kecil seperti, kapalan hingga kondisi besar keruntuhan lengkungan kaki.

Untuk menghindari hal tersebut, maka disarankan meski berada di rumah tetap menggunakan alas kaki. Kamu bisa menggunakan sandal atau sepatu rumahan. Dr. Peden juga menyampaikan untuk menghindari sendal atau sepatu berbulu serta tidak berbentuk. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan sepatu dengan sol yang keras atau sendal slip on-clog.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id