sign up SIGN UP

Kupas Tuntas Diet Viral ala Tya Ariestya Menurut Ahli Gizi

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 10 Mar 2021 15:00 WIB
Kupas Tuntas Diet Viral ala Tya Ariestya Menurut Ahli Gizi
caption

Beberapa waktu lalu, aktris cantik Tya Ariestya menjadi ramai diperbincangkan karena perubahan drastis yang dialaminya. Ia berhasil menurunkan berat badan hingga 25 kg dengan pola diet yang dijalani.

Karena kesuksessannya tersebut, banyak masyarakat yang kemudian mencoba mengikuti pola diet ala Tya Ariestya ini. Dalam buku berjudul The Journey Of fit Tya Ariestya, ibu dua anak ini membagikan cerita hingga arahan terkait pola diet yang selama ini dijalaninya.

Namun setelah buku tersebut tersebar luas di masyarakat, berbagai kritik datang dari Ahli Gizi hingga Diet Spesialist. Hal ini dikarenakan beberapa poin yang terkandung dalam buku tersebut menimbulkan kekeliruan.

diet tya ariestya viral penuh kritik
Diet ala Tya Ariestya/sumber: Instagram.com/tya_ariestya

Akun twitter @gizipedia_id, yang dikelola oleh 3 Ahli Gizi, yaitu Hafizhatunnisa, S.Gz, Ayu Fauziyyah, S.Gz, dan Yusrina Husnul, S.Gz, menyimpulkan beberapa poin yang merupakan kekeliruan pada buku The Journey Of fit Tya Ariestya.

Berikut ini poin-poin yang dinilai keliru menurut Ahli Gizi: 

  1. Makanan berserat mengganggu bakteri baik dalam tubuh (ini tidak benar. Cara kerja serat pangan bukan begini).
  2. Bakteri baik yang terganggu tidak menyerap nutrisi penting dari lambung dan usus (ini keliru).
  3. Makanan berserat menyebabkan perut kembung dan diare pada beberapa orang (salah juga, penyebab kedua penyakit itu bukan serat pangan).
  4. Salad, sayur mentah dapat menyebabkan kenaikan berat badan (INI JUGA SALAH)
  5. Penyebab poin 4 adalah selulosa yang menghambat metabolisme tubuh (sekali lagi, ini juga tidak benar).
artis tya ariestya
Diet ala Tya Ariestya/sumber: Instagram.com/tya_ariestya

Setelah membeberkan beberapa poin kekeliruan pada buku tersebut, akun twitter Ahli Gizi tersebut pun kemudian membedah beberapa halaman yang ada pada buku Tya Ariestya agar masyarakat dapat lebih paham terkait diet artis yang satu ini.

Pakai Garam Bebas

Manfaat Air Garam Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh/Freepik.comManfaat Air Garam Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh/Freepik.com

Pada halaman 55, dituliskan ayam fillet tanpa kulit boleh dimakan dengan bumbu apapun. Tulisanya, "boleh pakai garem, bebas malah...," Kecuali terasi (ngga tahu alasan ilmiahnya kenapa).

Ahli Gizi mengungkapkan jika pernyataan tersebut tidak tepat.

"Konsumsi garam itu tidak bebas dipakai seenaknya. Garam, natrium konsumsinya dibatas. Kementrian Kesehatan sudah capek promosi G1G4L5. Buat apa kurus kalau hipertensi? Coba googling aja. Banyak sekali alasan kenapa garam dibatasi," tulisnya.

Menu Murah Rp4.350,- Sekali Makan

Pada halaman 54 - 57, ada perhitungan yang menyangkal jika diet ala Tya ini mahal. 

Ahli Gizi justru membeberkan jika diet yang dilakukan ala Tya ini tidaklah murah.

"Ya... kalo ayamnya tok sik murah. Eits! Harga multivitamin, omega3 & biskuit diet dalam meal plan kenapa ga ditulis? Apa betul diet ini murah kalau ngikutin poin A-Z persis?" tulis akun twitter @gizipedia_id.

"Baru harga konsultasinya saja sudah lebih mahal dari konsul ahli gizi teregistrasi, lho. Saya juga penasaran, kalau benar harga multivitamin sesuai laporan beberapa followers akun ini. Jutaan rupiah. Artinya, diet ini tidak murah," tambahnya.

kontroversi diet tya ariestya
Diet ala Tya Ariestya/sumber: Instagram.com/tya_ariestya

Kurang dari 500 Kalori Sehari

Selanjutnya, pada pembedahan buku ini pun membahas salah satu menu diet yang dilakukan oleh Tya Ariestya.

Kita pakai menu yang dirancang tanggal 19 Oktober 2020. 

  • 09.00 - Melon 50 g
  • 12.00 - Nasi 2 sdm + ayam tanpa kulit/ikan laut 40 g
  • 15.30 - Putel 1 buah
  • 19.00 - (sama dengan jam 12) + omega3
  • 21.00 - putel 1 buah

Plus multivitamin setelah makan pagi dan siang.  Ohya, multivitamin, omega3 dan air 3 liter (ga ada kalorinya). Belum termasuk perhitungan. Karena belum tahu merek yang diresepkan.

Akun twitter @gizipedia_id pun menyampaikan, jika makanan yang dikonsumsi seperti halnya makanan MP-ASI, mustahil jika tidak menurunkan berat badan.

"Ya jelaslah, kalau makanannya mirip-mirip banyak kalori MP-ASI gitu mustahil kalau BB ngga turun. Duh, ngga habis pikir sama sekali," ujarnya.

Menurut ahli gizi tersebut, kalori meal plan ala Tya Ariestya ini dikategorikan VLCD (Very Low Calorie Diet). Dimana diet ini dilarang oleh pakar kesehatan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Biasanya diet ini hanya dilakukan beberapa hari seperti halnya diet IU, diet Jennie, dan artis lainnya. Pola diet ini umumnya digunakan sebelum acara penting sejenis photoshoot agar saat hari H Sang artis dapat terlihat lebih ramping.

Diet artis viral
Diet ala Tya Ariestya/sumber: Instagram.com/tya_ariestya

Kamu Bisa Kurusan Tanpa Sayur, Buktinya Aku Bisa

Pada halaman 62 tertulis, "ini gampang (makan segitu) apa susah? Tergantung, kalau kamu jalanin & anggap gampang ya gampang banget. Buktinya aku bisa," Selain itu, di YouTube pun disampaikan hal serupa.

Ahli gizi mengungkapkan jika setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Dengan menyamaratakan proses diet setiap orang berdasarkan pengalaman adalah sebuah kesalahan.

"Kenalin, anecdotal evidence. Musuh bebuyutan ilmuan. Menyamaratakan proses diet (include respon kondisi tubuh) setiap orang sama berdasarkan pengalaman itu kesalahan. Punten, metabolisme tubuh orang berbeda-beda. Kalau ada yang pingsan karena makan segitu gimana?" tulis akun @gizipedia_id.

"Tapi buktinya, banyak yang berhasil kok! Aku turun 2kg/hari. Anekdot aja terus. Mau yang bikang 10 ribu orang kalau teh daun jati cina bikin turun BB super kilat. Tapi kalau kata jurnal itu cuma efek dehidrasi gimana? Hellow, Science doesn't care about your testimony," tambah akun @gizipedia_id.

Selanjutnya, akun twitter @gizipedia_id pun akan mencari informasi lebih lanjut dari dokter yang sama seperti artis Tya Ariestya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id