sign up SIGN UP

Lakukan 4 Hal Ini Saat Sarapan Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Tertarik Coba?

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 07:15 WIB
Lakukan 4 Hal Ini Saat Sarapan Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Tertarik Coba?
caption
Jakarta -

Tidak bisa disepelekan, kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Sebagian orang berusaha menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi obat-obatan medis. Namun, usaha tersebut akan kurang manjur jika tidak dibarengi dengan gaya hidup atau kebiasaan sehat, Beauties.

Salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan sarapan. Menurut Cleveland Clinic, sarapan dapat menurunkan risiko diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, hingga membantu menurunkan kolesterol.

Memilih jenis sarapan yang sehat menjadi kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, lakukan 4 hal ini saat sarapan untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami, menurut para ahli. Dirangkum dari Eat This, Not That!, yuk cari tahu informasinya berikut ini!

Konsumsi Lemak Sehat

Kacang - KacanganKacang-kacangan/Foto: Pexels.com/David Disponett

Memilih jenis lemak yang tepat untuk disantap saat sarapan dapat berdampak besar pada kadar kolesterol, nih, Beauties. Hal tersebut diungkapkan oleh Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness.

"Cobalah untuk membatasi lemak jenuh yang dapat ditemukan dalam produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan. Karena jika terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol 'jahat' Anda," kata D'Angelo.

D'Angelo menyarankan untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Contohnya seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh.

Konsumsi Serat Larut

Alpukat Dapat Meningkatka Kecerdasan Otak/Foto: Pexels.com/readymadeIlustrasi alpukat/Foto: Pexels.com/readymade

Memulai hari dengan mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh, terutama serat larut, dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Serat larut sendiri adalah serat lembut dan lengket dan menyerap air. Kemudian membentuk zat seperti gel dalam sistem pencernaan. Serat ini mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol, sebagaimana dilansir dari detikFood.

"Serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal, mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda, dengan penelitian menunjukkan bahwa hanya 5 sampai 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL total Anda," kata D'Angelo.

Selain oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan di kacang-kacangan, gandum, buah, dan alpukat.

Makan Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3 

KenariIlustrasi kenari/Foto: Unsplash.com/Tom Hermans

D'Angelo juga menyebutkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar kolesterol LDL.

"Asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida Anda, yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah Anda," kata D'Angelo.

Cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam sarapan adalah dengan mengonsumsi kenari atau biji rami (flax seeds). Kamu bisa memasukkannya ke dalam yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothies.

Konsumsi Whey Protein

SarapanIlustrasi sarapan/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Cara mudah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol saat sarapan adalah dengan menambahkan bubuk protein whey (whey protein). 

"Protein, yang dikonsumsi sebagai suplemen, telah terbukti menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, serta menurunkan tekanan darah," kata D'Angelo.

Cara mengonsumsinya, seperti yang disukai D'Angelo, adalah dengan menambahkan bubuk protein whey ke oatmeal. Tak lupa pula ditambahkan buah beri agar terdapat serat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id