sign up SIGN UP

Lebih Murah dan Higienis, Ini Cara Membuat Bakso Akhir Bulan untuk Keluarga Besar

Raistamala Nediasani | Beautynesia
Rabu, 28 Jul 2021 18:30 WIB
Lebih Murah dan Higienis, Ini Cara Membuat Bakso Akhir Bulan untuk Keluarga Besar
caption

Bakso merupakan makanan yang hampir disukai oleh semua kalangan, serta ada dihampir seluruh daerah. Rasanya yang ringan dan segar membuat para penikmatnya selalu ingin memakannya lagi dan lagi.

Dengan kuah yang hangat, bakso menjadi makanan favorit dikala hujan dan dingin.  Tapi pernahkah Beauties membuat bakso sendiri di rumah? Atau sudah pernah mencoba namun belum berhasil? Yuk simak resep dan cara-cara membuat bakso yang enak dan anti gagal berikut ini. Cocok untuk disantap akhir bulan bersama keluarga besar lho!

Pilih Daging yang Sesuai

pemilihan daging sangat mempengaruhi hasil
ilustrasi daging sapi /Foto: Unsplash/Jez Timms

Pemilihan daging sangat berpengaruh terhadap hasil bakso yang kita buat nantinya. Pilihlah daging yang mengandung sangat sedikit lemak sehingga jika digiling akan menghasilkan tekstur yang sangat halus.

Untuk bakso halus, pilihlah daging bagian paha belakang dari sapi atau sering juga disebut daging limasa atau tanjung. Bagian ini merupakan bagian terbaik dari sapi untuk membuat bakso karena minim lemak dan otot sehingga bakso yang dihasilkan pun akan lembut dan kenyal.

Sebaliknya, jika Beauties ingin membuat bakso kasar, maka pilihlah daging sapi bagian sengkel atau daging kisi. Pada bagian ini terdapat urat-urat sapi sehingga membuat tekstur bakso menjadi kasar.

Perbandingan Tepung dan Daging

perbandingan tepung sagu yang sesuai
ilustrasi tepung sagu /Foto: Unsplash/Hamide Jafari

Bahan utama bakso adalah daging dan tepung sagu. Gunakan tepung sagu dengan merek terbaik untuk menghasilkan bakso yang enak serta tekstur yang tepat. Jangan keliru menggunakan tepung kanji, karena tepung sagu dan kanji merupakan dua bahan yang berbeda. Tentu hasilnya pun akan berbeda.

Bakso yang enak tentu lebih banyak perbandingan daging daripada tepungnya. Untuk 500 gram daging gunakan tepung sagu sebanyak 5-7 sendok makan.

Adonan Selalu dalam Keadaan Dingin

es batu untuk menjadikan adonan bakso yang kenyal
ilustrasi es batu /Foto: Unsplash/Vika Wendish

Penambahan es batu sangat berperan penting dalam membuat adonan bakso. Untuk menghasilkan bakso yang enak, adonan yang dibuat harus selalu dalam keadaan dingin.

Selain menambahkan es batu, ada beberapa tips untuk menjaga suhu adonan tetap dingin daging yang baru saja dibeli, potong-potong menjadi kecil lalu masukkan ke dalam freezer hingga setengah beku. Setelah itu giling dengan bumbu-bumbu yang lain hingga adonan menjadi pasta.

Menyimpan daging dalam freezer adalah antisipasi memanasnya adonan karena terkena mesin giling. Simpan kembali adonan ke dalam kulkas jika belum saatnya untuk mencetak. 

Yuk Membuat Bakso di Rumah, Ini Resepnya!

Membuat bakso sendiri di rumah pastinya lebih bersih, higienis, dan murah. Akan sangat cocok disantap bersama keluarga besar di akhir bulan. Ini dia resepnya, Beauties! 

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak
  • 1 putih telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt lada bubuk
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • 100g es batu
  • 7 sdm tepung sagu
  • Air untuk merebus

Cara Membuat:

  1. Giling halus daging dan es batu sampai halus. Kemudian masukkan semua bumbu dan tepung. Giling lagi hingga adonan sangat halus seperti pasta.
  2. Didihkan air dalam panci. Setelah mendidih matikan api.
  3. Bentuk bulat bakso menggunakan jari telunjuk dan jempol. Ambil menggunakan sendok lalu cemplungkan ke air dalam panci. Sesekali basahi sendok dengan air biasa supaya tidak lengket.
  4. Rebus bakso yang sudah selesai dicetak. Cukup rebus 5 menit, lalu tiriskan baksonya. Boleh juga langsung memasukkan bakso yang telah direbus ke air es supaya menghentikan proses pemanasannya.

Nah Beauties, sekarang sudah tahu resep dan tips membuat bakso yang enak dan anti gagal kan? Bakso ini bisa dijadikan stok di freezer. Selamat mencoba ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id