sign up SIGN UP

Maag hingga Sakit Pinggang, Ini Deretan Posisi Tidur Terbaik Berdasarkan Keluhan Tubuh! Sudah Tahu?

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 10 Sep 2022 19:30 WIB
Maag hingga Sakit Pinggang, Ini Deretan Posisi Tidur Terbaik Berdasarkan Keluhan Tubuh! Sudah Tahu?
caption

Sebagian besar ahli kesehatan akan mengatakan bahwa tidur berkualitas di malam hari adalah salah satu kunci produktivitas. Masalahnya, sebagaimana dilansir dari Women’s Health Magazine, 80 persen perempuan ternyata mengalami masalah tidur setidaknya beberapa kali dalam satu bulan.

Dalam survey yang dilakukan Women’s Health Magazine, 23 persen perempuan bahkan mengalami kesulitan tidur hampir setiap malam. National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa sebagian responden yang mengalami masalah tidur mengeluhkan kondisi yang tidak segar di pagi hari, tubuh pegal, kurang konsentrasi, dan berbagai ketidaknyamanan lain.

Dalam jangka panjang, tidur yang tidak berkualitas bisa meningkatkan risiko terserang diabetes dan depresi. Kondisi ini sebagian besar terjadi karena adanya masalah pada organ tubuh tertentu. Karenanya, jika kamu memiliki keluhan tertentu, cobalah cara tidur berikut ini agar tidurmu lebih nyenyak.

1. Gangguan Maag/Lambung

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/xiangying_xu
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/xiangying_xu

Untuk penderita gangguan lambung, cobalah untuk tidur dengan berbaring ke sisi kiri. Letakkan lengan dengan nyaman di bagian depan tubuh, tekuk lutut dan kaki ke atas, sehingga posisimu agak mirip dengan janin dalam perut. Posisi ini akan mengurangi tekanan pada esophagus sfingter bawah (lubang yang dilewati makanan saat menuju usus), sehingga mencegah asam lambung naik dan mengiritasi tenggorakan.

Jika kondisi sedang parah dan menimbulkan rasa tidak nyaman yang menjadi-jadi, cobalah untuk tidur dengan posisi telentang. Gunakan bantal yang agak tinggi untuk menopang kepala dan dada (kurang lebih 6 inch). Selain mencegah asam lambung naik, posisi ini juga akan membantu meredakan rasa sakit.

2. Sakit Punggung

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Unsplash.com/Annie Spratt
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Unsplash.com/Annie Spratt

Berbagai penelitian mengungkap bahwa 40 persen perempuan mengalami sakit punggung, yang terus bertambah buruk karena posisi tidur yang salah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba posisi tidur miring, tekuk lutut sedikit, dan atur pinggang agar tetap lurus. Gunakan guling di antara lutut untuk menyangga kaki sehingga tetap sejajar dengan pinggul. Posisi ini mungkin terasa sulit dilakukan di awal, namun lambat laun kamu akan terbiasa.

3. Sinus

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/manbob86
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/manbob86

Sinus, baik karena alergi maupun flu, akan membuat hidung terasa tersumbat, sehingga sulit bernapas dengan baik. Jika sedang berada dalam kondisi ini, hindarilah tidur telentang. Sebaliknya, tidurlah dengan posisi miring dan berikan bantal tambahan di bawah kepala untuk membantu sirkulasi udara pada area hidung. Tekuk kaki sedikit dan peluklah guling atau bantal untuk membuatmu lebih nyaman.

4. Nyeri Bahu

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Marvin
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Marvin

Nyeri dan kaku di area bahu bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari yang membuat otot terlalu tegang. Untuk mencegahnya bertambah parah, kamu bisa tidur miring namun jangan menindih bagian yang sakit.

Letakkan bagian bahu yang bermasalah di atas, tekuk kaki sedikit, dan rentangkan lengan lurus ke depan. Agar lebih nyaman, peluklah guling atau bantal ke dada. Jika kedua bahu sama-sama sakit, kamu bisa berbaring lurus di atas punggung dan jangan biarkan pundak melayang selama tidur.

5. Nyeri Haid

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Holdosi
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Holdosi

Sebagian besar perempuan cenderung meringkuk saat sedang mengalami nyeri haid. Namun berdasarkan ulasan pada Women’s Health Magazine, posisi ini justru akan memberikan tekanan berlebih pada rahim, sehingga iritasi dan kram semakin menjadi-jadi.

Posisi terbaik adalah berbaring dengan punggung lurus, dan letakkan bantal di bawah lutut.  Pastikan kedua tangan dalam posisi netral di sisi tubuh. Jika rasa sakit tidak berkurang, coba tambahkan bantal atau penopang laun di bawah lutut untuk menopang tubuh bagian bawah.

6. Sakit Pinggul

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Claudio_Scott
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Claudio_Scott

Sekitar 15 persen perempuan mengalami masalah bursitis, yang menyebabkan rasa nyeri di bagian pinggul. Jika kamu mengalami kondisi ini, tidurlah dengan posisi miring, namun jangan menindih bagian yang sakit. Kamu bisa menggunakan guling atau bantal untuk menyangga lutut.

7.  Bruxism

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Pexels
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/Pexels

Bruxism, yaitu kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur, adalah kondisi genetik yang dialami 8 persen orang dewasa. Walaupun kelihatannya tidak berbahaya, namun hal ini tak hanya memicu gangguan tidur, namun juga dapat mengubah struktur wajah dan bentuk rahang dalam jangka panjang.

Carolyn Taggart-Burns, D.D.S., dari Academy of General Dentistry menyarankan bahwa pengidap bruxism sebaiknya tidur telentang dengan bibir tertutup, namun jagalah agar gigi tidak bersentuhan antara bagian atas dan bawah. Selain itu, jagalah agar kedua lengan dalam posisi netral di samping tubuh.

8. Kaku Leher

Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/manbob86
Tips Tidur Sesuai Keluhan Tubuh/Foto: Pixabay.com/manbob86

Laelle Martin, D.C, seorang ahli kesehatan dari Tacoma, Washington, mengungkapkan bahwa kaku leher tak hanya terjadi karena aktivitas berat, namun juga pemilihan bantal yang salah. Untuk mengatasinya, cobalah tidur telentang dengan posisi leher lurus/netral.

Jaga agar lengan tetap rileks di sisi tubuh, dan jangan menggunakannya untuk menyangga kepala. Akan lebih baik jika kamu menggunakan bantal yang tepat. Untuk beberapa kondisi, dokter akan menyarankan untuk tidak menggunakan bantal.

Itulah beberapa tips posisi tidur sesuai dengan keluhan tubuh pada perempuan. Jika kamu mengalami kondisi-kondisi di atas, cobalah mengaplikasikannya secara teratur agar kualitas tidurmu lebih baik. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id