STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mana Waktu yang Aman buat Minum Kopi Saat Ramadan, Ketika Buka atau Sahur? Ini Kata Ahli

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 06 Apr 2022 12:07 WIB
Mana Waktu yang Aman buat Minum Kopi Saat Ramadan, Ketika Buka atau Sahur? Ini Kata Ahli

Tak sedikit orang yang memulai aktivitasnya di pagi hari dengan menyeduh kopi. Tetapi karena saat ini tengah menjalani ibadah puasa, maka waktu meminum kopi mau nggak mau dipindah.

Sebelum cepat-cepat menyeduh kopi di dua waktu itu, yakni sahur maupun buka, kamu perlu memahami dulu efek kopi bagi tubuh. Terutama bila perut kita sebelumnya kosong, karena puasa, Beauties.

Kopi Bisa Mengiritasi Perut yang yang Kosong

Ilustrasi sakit perutIlustrasi sakit perut/ Foto: Freepik.com

Kopi bisa mengiritasi perut yang kosong sebab kopi dapat merangsang produksi asam lambung, Beauties. Demikian dikutip dari laman Healthline. Dengan begitu jadi bisa memperburuk gejala gangguan usus, contohnya irritable bowel syndrome (IBS).

Gejala dari gangguan ini di antaranya perut terasa mulas, mual, refluks asam, serta terjadi gangguan pencernaan. Tak cuma itu sebuah studi pada British Journal of Nutrition juga menemukan, bisa mengganggu sistem kontrol gula darah bila meminum kopi saat perut kosong secara signifikan.

Rasa gelisah yang muncul usai minum kopi, juga bisa dirasakan lebih cepat kalau kamu belum makan, serta lebih lambat muncul bila sudah makan. Demikian menurut Harvard T.H Chan School of Public Health.

Waktu yang Disarankan untuk Minum Kopi Ketika Berpuasa

Pengaruh kopi untuk kesehatan tubuh.Ilustrasi minum kopi. /freepik/tirachardz/

Dengan begitu, waktu yang baik untuk meminum kopi adalah ketika perut sudah terisi makanan dulu, Beauties. Ahli gizi dari Universitas Indonesia, Beta Sindiana Dewi, mengungkap, kamu bisa minum kopi saat berbuka puasa, tetapi diawali dulu dengan air putih dan sedikit makanan manis.

"Jangan saat beduk langsung minum kopi karena kopi punya tingkat keasaman tinggi dan berpotensi membuat asam lambung naik," ujarnya dikutip dari laman UI.

Bagaimana dengan waktu sahur? 

"Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur," kata dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK dari RS Pondok Indah dalam rilis yang diterima detikcom.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE