STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Manfaat Mandi Malam yang Tak Terduga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 22:00 WIB
Manfaat Mandi Malam yang Tak Terduga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Beberapa orang memilih untuk mandi malam karena kesibukan tertentu. Meski demikian, kebiasaan mandi malam ini kerap dianggap berbahaya bagi kesehatan oleh banyak orang.

Mulai dari dianggap bisa menyebabkan masuk angin, paru-paru basah hingga rematik. Alih-alih menimbulkan penyakit, mandi malam ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Lantas apa saja manfaat mandi malam untuk kecantikan dan kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Rachel Claire
Tidur lebih nyenyak/ Foto: pexels.com/Photo by Rachel Claire

Jika kamu mengalami masalah tidur yang kurang berkualitas seperti insomnia, mungkin kamu perlu mencoba mandi malam. Pasalnya nih mandi malam dengan air hangat akan membantu menurunkan suhu tubuhmu.

Suhu tubuh yang turun akan membuat  tubuh lebih rileks dan cepat mengantuk. Selain itu, mandi di malam hari juga bisa membantu mengurangi pegal dan nyeri otot.

Alhasil tidurmu bakalan lebih nyenyak setelah mandi dengan air hangat. Cocok banget buat kamu yang capek seharian beraktivitas. 

Mencegah Jerawat

Ilustrasi/ Freepik.com/ Image by Racool_studio
Mencegah jerawat dengan mandi malam/ Foto: Freepik.com/ Image by Racool_studio

Manfaat mandi malam untuk kecantikan yaitu membantu mencegah jerawat. Nggak dipungkiri, setelah beraktivitas seharian kulit akan terpapar debu, kotoran dan keringat kita sendiri.

Sehingga jika tak dibersihkan sebelum mandi, bisa membuat kotoran dari kulit berpindah ke tempat tidur kita yang menimbulkan jerawat di wajah dan jerawat punggung.

Dengan mandi malam, akan meminimalisir pindahnya bakteri dan kotoran ke bantal pemicu jerawat. Selain itu, di malam hari adalah waktu untuk kulit beregenerasi. Sel-sel kulit akan beregenerasi lebih optimal dalam keadaan bersih.

Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Ketut Subiyanto
Menurunkan tekanan darah/ Foto: Pexels.com/Photo by Ketut Subiyanto

Tahukah kamu salah satu manfaat tidur malam adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi? Hasil penelitian menunjukkan mandi air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 16 mm hg.

Secara tidak langsung manfaat ini akan mempengaruhi kesehatan jantung kamu juga ya, Beauties. Tekanan darah yang terjaga akan meminimalisir risiko penyakit jantung dan kelainan pembuluh darah.

Tips Mandi Malam

Ilustrasi/ Pexels.com/ Monstera
Tips mandi malam/ Foto: Pexels.com/Monstera

Nah, agar kamu mendapatkan sejumlah manfaat mandi malam, kamu bisa mengikut tips ini. Jangan langsung mandi ketika kamu merasa sangat lelah. Disarankan istirahat terlebih dahulu. Sesuaikan kondisi kesehatan dengan suhu air yang akan digunakan.

Jika kamu ingin tidur lebih nyenyak, kamu bisa menggunakan air hangat. Mandi malam juga jangan terlalu lama ya. Cukup mandi selama lima hingga sepuluh menit saja sudah cukup untuk membersihkan tubuh sebelum tidur.

Itu dia manfaat mandi malam untuk kecantikan dan kesehatan beserta tips mandi malam yang bisa kamu coba, Beauties. Tertarik mencoba?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE