STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Olahraga Sederhana yang Bisa Bantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Minggu, 06 Nov 2022 09:30 WIB
5 Olahraga Sederhana yang Bisa Bantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah bekal semua orang untuk menaklukkan segala tantangan. Sayangnya, tak semua orang bisa selalu mempertahankan keyakinan tersebut. Jangankan orang yang mudah minder, orang sukses pun akan mengalami fase di mana dia tidak yakin pada diri sendiri.

Namun krisis kepercayaan diri sebenarnya bisa diatasi. Dominique Talley, MSW, CPT, seorang terapis sekaligus personal trainer berpengalaman, mengungkapkan bahwa salah satu cara membangun rasa percaya diri adalah dengan berolahraga. Dilansir dari Elite Daily, berikut beberapa olahraga yang bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa percaya diri.

1. Angkat Beban SebelumĀ Berbicara di Depan Umum

Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Beauties, apakah kamu sering merasa gugup menjelang presentasi? Merasa tidak yakin saat harus melakukan public speaking? Dominique Talley mengungkapkan bahwa latihan angkat beban singkat bisa membantumu mengatasi perasaan tersebut. Sedikit gerakan mengangkatĀ dumbbell, barbel, dan sejenisnya akan membuatmu merasa lebih kuat layaknya lady boss yang patut disegani.

Hal ini juga diamini oleh Jenna Epperly, seorang personal trainer di Jim Fitness & Nutrition Studios. Pada Elite Daily, dia mengungkapkan bahwa olahraga angkat beban akan umumnya sangat efektif membangun kepercayaan diri dan membuatmu merasa lebih kuat.

2. Olahraga Kardio

Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Andrew Tanglao
Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Andrew Tanglao

Beberapa orang menghadapi momen yang membuat jantung berdetak lebih kencang dari biasanya, misalnya saat kencan pertama atau bertemu dengan orang yang sangat spesial. Detik-detik sebelum tatap muka bisa jadi hal yang sangat mendebarkan, bahkan bisa membuat terasa mual karena cemas.

Jika kamu berhadapan dengan situasi macam ini, cobalah melakukan olahraga berbasis kardio. Talley mengungkapkan bahwa aktivitas seperti bersepeda, lari, atau kegiatan yang melibatkan latihan jantung akan sangat efektif untuk memompa darah. Tak hanya mengatasi rasa gugup, aktivitas ini juga akan membuatmu merasa lebih percaya diri.

3. Yoga

Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Benjamin Child
Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Benjamin Child

Caleb Backe, ahli kesehatan di Maple Holistics, mengungkapkan bahwa latihan yoga sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri secara konstan. Orang-orang yang rajin melakukan olahraga ini umumnya merasakan kedamaian, ketenangan, dan percaya diri yang meningkat. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga bisa mempraktekkan gerakan yoga untuk menghilangkan rasa cemas dalam urusan ranjang.

4. HIIT (High-Intensity Interval Training)

Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Danielle Cerullo
Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Danielle Cerullo

HIIT adalah olahraga yang melibatkan gerakan tubuh intens sehingga dapat membuat tubuh basah karena keringat. Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan, mulai dari melompat, menari, dan lain-lain. Epperly mengungkapkan bahwa bergerak secara aktif akan membantumu menghilangkan segala emosi, cemas, gugup, serta perasaan negatif lainnya.

Semua keresahan akan berganti dengan rasa kagum pada tubuhmu yang ternyata mampu melakukan gerakan enerjik hingga berkeringat. Pastinya, rasa percaya diri bisa meningkat.

5. Olahraga Kaki

Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Aparna Johri
Olahraga untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri/Foto: Unsplash.com/Aparna Johri

Epperly juga mengungkapkan bahwa olahraga yang melibatkan otot kaki, seperti squat dan lunge, adalah salah satu cara terbaik meningkatkan rasa percaya diri. Gerakan ini mungkin bukan favorit banyak orang karena seringkali meninggalkan rasa pegal dan nyeri selama beberapa hari. Meski demikian, kamu akan merasakan otot kaki lebih kuat untuk menopang seluruh tubuh. Rasa sakit akan terbayar kontan dengan kebugaran yang terasa di seluruh badan.

Itulah 5 olahraga yang disarankan para ahli untuk melatih dan meningkatkan rasa percaya dirimu. Melakukannya secara teratur tak hanya memberikan manfaat kesehatan secara fisik, namun juga menyegarkan mental. Jangan lupa melakukannya dengan benar sesuai saran para ahli, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE