STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Masih Sering Diremehkan, 6 Dampak Ini Bakal Mungkin Terjadi Saat Kamu Malas Olahraga!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 08:00 WIB
Masih Sering Diremehkan, 6 Dampak Ini Bakal Mungkin Terjadi Saat Kamu Malas Olahraga!
Ini Dampak Pada Tubuh Saat Malas Olahraga/ Foto: Freepik.com/drazenzigic

Berolahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat. Tak hanya itu, berolahraga memberikan banyak manfaat untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tak perlu olahraga berat, Beauties bisa melakukan olahraga ringan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Olahraga di pagi hari dipercaya paling ampuh untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Nah, sebaliknya jika Beauties malas untuk berolahraga, beberapa dampak negatif ini bisa terjadi pada tubuh. Melansir dari Medline Plus, berikut berbagai masalah kesehatan akibat jarang berolahraga. Simak penjelasannya!

1. Obesitas

Obesitas dapat terjadi karena kurangnya aktivitas gerak dan menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh
Obesitas/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Kurangnya gerak membuat lemak dan kalori dalam tubuh bertumpuk. Apalagi kamu gemar mengonsumsi junk food dan makanan mengandung lemak lainnya, yang menyebabkan angka timbangan meningkat. Nah, makanya Beauties perlu nih rajin olahraga agar lemak dan kalori dalam tubuh terbakar melalui keringat yang keluar.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung seperti serangan jantung tiba-tiba dapat terjadi karena malas berolahraga
Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com/author/shaynech13

Rajin olahraga ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, loh. Saat berolahraga jantung akan memompa dengan stabil, namun sebaliknya saat tubuh jarang berolahraga maka bisa saja terkena serangan jantung tiba-tiba.

Ditambah gaya hidup yang tidak sehat dan malas berolahraga meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Untuk itu, mulailah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makan-makanan sehat.

3. Penuaan Dini

Kulit wajah akan mengalami penuaan lebih cepat karena jarang berolahraga
Penuaan Dini/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Beauties tau nggak nih, ternyata rutin berolahraga bisa membuat kulit wajah tampak awet muda dan sehat lho! Olahraga dapat membantu detoksfikasi dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat.

Selain itu, olahraga dapat mengurangi risiko kulit berjerawat, dan justru akan meningkatkan kualitas kulit yang terasa lebih kenyal dan kencang.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab terkena penyakit stroke
Tekanan Darah Tinggi/ Foto: Freepik.com/author/senivpetro

Malas berolahraga meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat mengakibatkan stroke, lho. Penyakit stroke disebabkan oleh aliran darah yang menumpuk dan tidak lancar ke dalam tubuh.

Namun sebaliknya, tubuh yang sering berolahraga dan bergerak membuat peredaran darah ke seluruh tubuh berjalan lancar, sehingga mengurangi risiko terkena stroke.

5. Osteoporosis

Pengeropasan tulang bisa terjadi karena kurang aktivitas dan bergerak
Osteoporosis/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat disebabkan oleh kurangnya aktivitas tubuh dan bergerak. Hal ini yang menyebabkan tubuh membungkuk dan tidak kuat berjalan jauh.

Untuk itu, Beauties perlu membiasakan diri berolahraga agar tidak mudah mengalami pengeroposan tulang. Rajin berolahraga dapat melatih tulang tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis ataupun kanker tulang.

6. Depresi

Depresi dapat terjadi karena kurangnya aktivitas gerak dan olahraga
Depresi/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz

Jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko depresi lho, Beauties. Dibanding dengan seseorang yang rutin berolahraga, orang yang jarang berolahraga akan mudah mengalami mood yang naik turun dan mudah merasa lelah. Karena saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorphine dan oksitosin yang membuat lebih bahagia dan gembira setelah berolahraga.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE