sign up SIGN UP

Memang Masih Bisa Kena Covid-19, Namun Tetap Ada Pembeda Bagi yang Sudah Booster Vaksin! Apa Saja?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 28 Feb 2022 17:00 WIB
Memang Masih Bisa Kena Covid-19, Namun Tetap Ada Pembeda Bagi yang Sudah Booster Vaksin! Apa Saja?
caption
Jakarta -

Indonesia saat ini tengah mengadakan vaksinasi booster atau penyuntikan ketiga, sejak awal tahun 2022. Mulanya diprioritaskan dulu bagi lansia, selanjutnya masyarakat secara umum sudah bisa langsung mendatangi RS maupun puskesmas terdekat untuk mendapat vaksin booster, terlebih bila sudah ada undangan dari aplikasi PeduliLindungi.

Meski begitu, tak sedikit warga yang enggan melakukan vaksinasi booster, dikarenakan menganggap sama saja masih bisa tertular covid-19.

Terkait hal itu, memang sangat mungkin orang yang sudah divaksin dapat terkena covid-19, Beauties. Alasannya bisa karena pengembangan vaksin yang dilakukan saat itu, diadakan sebelum beragam varian muncul seperti saat ini. Demikian diutarakan Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama.

Panduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardzPanduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardz/

"Tapi vaksin ini dibuat 2020 yang Alpha, Delta, Beta, Omicron belum ada, tapi 'tubuh' dari si vaksinnya itu ya jenisnya sama-sama virus COVID-19," terang dr Ngabila dalam agenda daring, dikutip Minggu (27/2), dikutip dari detikHealth.

"Artinya ya kita harus percaya bahwa vaksin COVID-19 ini bisa mencegah kematian atau bergejala berat, karena secara materi genetiknya masih sama walaupun sekarang si virusnya tambah hebat," tambahnya.

IPDN Kemendagri terus menggenjot vaksinasi booster diberbagai wilayah di Jawa Tengah. Kali ini digelar di lokasi wisata budaya Sam Poo Kong, Semarang.IPDN Kemendagri terus menggenjot vaksinasi booster diberbagai wilayah di Jawa Tengah. Kali ini digelar di lokasi wisata budaya Sam Poo Kong, Semarang./ Foto: Rachman_punyaFOTO

Mengurangi Risiko Kematian Akibat Covid-19 hingga 91 Persen

Ya Beauties, memang orang yang sudah divaksin tentu saja masih bisa terpapar penyakit ini. Tetapi, tidak tepat untuk menganggap vaksinasi Covid-19 itu tidak penting. Pasalnya, dengan sudah divaksinasi, maka membuat orang yang terinfeksi tersebut tak bergejala yang berat hingga mengurangi kematian hingga 91 persen, berdasarkan data Kemenkes RI.

Bila dibandingkan dengan puncak Covid-19 varian Delta, angka kematiannya dapat mencapai 2 ribu per hari, sementara saat ini turun di kisaran 200-an.

"Jadi kita jangan berpikir vaksin itu nggak manjur, tapi harus berpikir kalau kita kena Covid-19, kita nggak meninggal," katanya.

Nah, bagaimana dengan kamu Beauties? Sudahkah menerima vaksin booster? Atau justru belum tuntas vaksin pertama dan kedua? Segera lengkapi demi keselamatan bersama ya!

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id