STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Memulai Sahur dengan Minum Kopi, Bagaimana Dampaknya?

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 12 Apr 2022 02:00 WIB
Memulai Sahur dengan Minum Kopi, Bagaimana Dampaknya?

Minum kopi bagi beberapa orang merupakan hal 'wajib' sebelum memulai beraktivitas.

Tetapi karena sedang menjalani ibadah puasa, kesukaan mengkonsumsi kopi pun mau tak mau dipindah.

Nah, apakah kamu memasukkan kebiasaan minum kopi di saat sahur? Atau pernah memulai sahur dengan meminum kopi?

Pengaruh kopi untuk kesehatan tubuh.Manfaat minum kopi: dapat membantu seseorang hidup lebih lama menurut penelitian/freepik/tirachardz/

"Hati-hati, minum kopi saat sahur, dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur," kata dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK dari RS Pondok Indah dalam rilis yang dikutip dari detikHealth.

Efek diuretik itu sendiri merupakan peningkatan produksi urin, Beauties. Artinya bisa merangsang untuk membuat kamu lebih sering buang air kecil. Karenanya, dikhawatirkan kamu justru mengalami dehidrasi sepanjang hari.

Meski begitu, tidak perlu berkecil hati. Karena dalam urusan mengkonsumsi kopi, alih-alih pada waktu sahur, disarankan saat waktu berbuka puasa.

Tetapi, pastikan tidak langsung mulai buka dengan minum kopi, alias dalam keadaan perut kosong. Dikutip dari laman Insider, berisiko meningkatkan produksi asam lambung, Beauties. Selain itu juga bisa sebabkan gangguan pencernaan serta rasa terbakar di dada (heartbun).

Bukan Kopi, Deretan Minuman Sehat Ini Lebih Disarankan Saat Sahur

Jika nggak mempunyai lemon, kelapa, jahe maupun teh hijau, air putih hangat juga cukup untuk membantu melunturkan lemak lho.Segelas air putih/Foto: freepik/svetlanasokolova/

Tinggalkan kopi sejenak, sebaiknya kamu memberi 'bekal' bagi tubuh untuk puasa seharian dengan berbagai cairan yang mendukung. Di antaranya air putih hangat, air madu hangat, segelas susu hangat, jus buah tanpa gula, juga air kelapa.

Mana nih yang sudah jadi andalanmu sejak hari pertama Ramadan?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE