STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mendengarkan Musik Bisa Pengaruhi Pola Makan, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli!

Retno Anggraini | Beautynesia
Rabu, 28 Sep 2022 12:00 WIB
Mendengarkan Musik Bisa Pengaruhi Pola Makan, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli!

Ketika perut keroncongan, sadarkah kamu bagaimana lingkungan sekitar dapat mempengaruhi makanan apa yang kamu pilih? Ilmu pengetahuan menunjukkan kepada kita bahwa hal itu mungkin terjadi, terutama dalam faktor suara. Meski terkadang kamu tidak terlalu memperhatikan musik yang diputar di dalam restoran yang sedang kamu kunjungi, tempo dan genre lagu tersebut secara tidak sadar dapat mempengaruhi menu yang akan kamu pesan, lho!

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Appetite, soundtrack telah dikuratori dan salah satunya dianggap sebagai soundtrack sehat, terdiri dari nada piano jazz yang lambat dan bernada tinggi. Sedangkan soundtrack tidak sehat terdiri dari melodi gitar yang rendah dan cepat. Dari kedua kelompok tersebut, mendengarkan soundtrack yang sehat cenderung membuat orang memilih makanan yang sehat juga.

Efek Tempo dan Kenyamanan Lagu

Musik bisa pengaruhi pola makan
Musik bisa pengaruhi pola makan/Foto: Freepik.com/pvproductions

Melansir Health Digest, kenyamanan sebuah lagu bisa mempengaruhi selera makan kita. Sebuah penelitian dilakukan kepada 60 orang dengan diberi dua jenis kue yang sama untuk dimakan. Saat disuguhi musik yang menyenangkan, peserta menilai kue itu sebagai rasa yang lebih enak dibandingkan kue yang diiringi musik yang tidak menyenangkan.

Musik juga berperan dalam kecepatan makan kita. Saat mendengarkan musik dengan tempo lebih cepat, kecepatan makan dihitung rata-rata 34 detik. Sedangkan saat mendengarkan musik dengan tempo yang lebih lambat, kecepatan makan akan melambat menjadi 38 detik.

Musik Mempengaruhi Perilaku Pola Makan

Musik bisa pengaruhi pola makan
Musik bisa pengaruhi pola makan/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Musik tidak hanya dapat mempengaruhi kita saat makan, tapi juga bisa mempengaruhi makanan apa yang akan kita beli. Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of the Academy of Marketing Science menemukan bahwa musik yang diputar dengan volume rendah dapat membuat konsumen dalam keadaan lebih santai, yang membuat mereka cenderung membeli makanan yang lebih sehat.

Musik yang menciptakan asosiasi mental dengan produk tertentu juga dapat mempengaruhi perilaku pembelian makanan. Berdasarkan studi yang diterbitkan Journal of Applied Psychology menemukan bahwa ketika musik Prancis dimainkan di dekat pajangan anggur Prancis, pembelian jauh meningkat. Hasil serupa juga terjadi untuk penjualan anggur Jerman saat musik Jerman dimainkan.

Suara Kemasan Mempengaruhi Pengalaman Makan

Musik bisa pengaruhi pola makan
Suara kemasan makanan juga ikut mempengaruhi/Foto: Freepik.com

Melansir Food Unfolded, suara kemasan juga bisa mengubah persepsi kita tentang kualitas makanan, lho! Para pembuat kemasan makanan sengaja mendesain kemasan yang memiliki suara renyah untuk meningkatkan kesan kerenyahan dan kesegaran konsumen. Banyak pembuat minuman telah berinvestasi dengan membuat kemasan yang memiliki suara berbeda saat dibuka dan dituangkan.

Bagaimana Suara Mempengaruhi Persepsi Makanan dalam Pikiran?

Musik bisa pengaruhi pola makan
Cara suara mempengaruhi persepsi makanan dalam pikiran/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Dr. Qian Janice Wang mempelajari bagaimana rangsangan pendengaran berinteraksi dengan rasa. Dr. Wang mengungkapkan ada dua teori utama, yaitu:

  • Hope Theory: Seseorang secara evolusioner siap untuk membuat prediksi tentang makanan sebelum mereka memakannya.
  • Attention Capture Theory: Ketika makanan memiliki rasa yang kompleks, suara tertentu dapat menyebabkan seseorang lebih memperhatikan rasa.

Hal inilah yang membuat suara dan musik dapat membangkitkan emosi tertentu dalam diri seseorang, yang dapat terbawa ke dalam perasaan tentang makanan. Situasi ini disebut sebagai media emosi atau efek halo.

"Ini akan menjelaskan mengapa orang menilai makanan terasa lebih manis ketika mereka mendengar musik yang mereka sukai," kata Dr. Wang.

Beauties, kita dapat bereksperimen dengan suara untuk meningkatkan pengalaman makan kita. Memilih musik latar yang pas bisa membuat kita sepenuhnya menghargai makanan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE