sign up SIGN UP

Mengenal Negatif Self Talk dan Dampak Kerugiannya Bagi Diri Sendiri, Kurang-kurangin ya!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 06:00 WIB
Mengenal Negatif Self Talk dan Dampak Kerugiannya Bagi Diri Sendiri, Kurang-kurangin ya!
caption

Apakah kamu pernah mendengar seputar negatif self talk, Beauties? dari sebutannya, mungkin kamu bisa memberi gambaran bahwa negatif self talk ini merupakan salah satu bentuk dialog pada diri sendiri, namun condong mengarah pada kritik batin yang negatif.

Negatif self talk ini bisa jadi pernah dilakukan sebagian besar orang, namun tidak pernah menyadari telah melakukan maupun dampak usai melakukannya. Oleh karena itu, penting mengenal negatif self talk dan dampaknya. Dikutip dari laman Verywellmind, berikut adalah penjelasan mengenai negatif self talk dan dampaknya.

Apa Itu Negatif Self Talk?

Ilustrasi bersantai/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi bersantai/ Foto: Freepik.com/jcomp

Negatif self talk atau pembicaraan negatif terhadap diri sendiri adalah setiap dialog batin dengan diri sendiri yang mungkin dapat membatasi kepercayaan terhadap diri sendiri terkait kemampuan dan potensi yang dimiliki. Dengan kata lain, pikiran apapun yang dapat mengurangi kemampuan untuk membuat perubahan positif dalam hidup bisa dikatakan sebagai negatif self talk.

Negatif self talk ini dapat hadir dalam berbagai kalimat, sesuai situasi yang sedang dialami. Contoh kalimat yang mungkin pernah terbesit dalam benak seperti ‘aku tidak akan pernah bisa diterima di perguruan tinggi ‘X’ itu’, ‘aku tidak pandai mata pelajaran ‘X’ dan tidak akan pernah mendapatkan nilai bagus’ dan kalimat lainnya.

Jika dibiarkan terus menerus, negatif self talk ini bisa memberikan dampak yang buruk. Adapun dampaknya akan dijelaskan di bawah ini.

Depresi dan Pemikiran Terbatas

Ilustrasi sedih/ Foto: Freepik.com/shisuka
Ilustrasi sedih/ Foto: Freepik.com/shisuka

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa negatif self talk dapat menyebabkan perasaan depresi. Apabila dibiarkan, hal ini dapat merusak. Selain itu, negatif self talk juga bisa membuat pemikiran jadi terbatas. Mengapa? Karena semakin kamu mengatakan pada dirimu bahwa kamu tidak bisa melakukan sesuatu, semakin kamu mempercayai hal tersebut.

Perfeksionisme

Iustrasi perfeksionis/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Iustrasi perfeksionis/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Dampak selanjutnya adalah kecenderungan perfeksionisme dalam diri. Hal ini bisa ditandai dengan adanya anggapan bahwa ‘hebat’ tidak sebaik ‘sempurna’. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan muncul pemikiran bahwa kesempurnaan itu sebenarnya dapat dicapai.

Jika konsep pemikiran ini sudah membelenggu diri, bukan tidak mungkin akan terus-terusan merasa tidak cukup dan tidak bisa fokus pada hal yang seharusnya berpotensi untuk dilakukan.

Tantangan dalam Hubungan

Ilustrasi berbincang/ Foto: Freepik.com/user18755897
Ilustrasi berbincang/ Foto: Freepik.com/user18755897

Adanya negatif self talk dapat berpotensi untuk membuat seseorang merasa tidak aman dan berperilaku yang negatif. Hal ini pula yang dikhawatirkan ketika berada di tengah-tengah lingkungan. Sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dalam keseharian, perilaku seseorang yang negatif self talk ini bisa saja mengganggu hubungannya dengan orang-orang sekitar.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id