sign up SIGN UP

Punya Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain? Hati-hati Self-Serving Bias! Begini Cara Mengatasinya!

Retno Wulandari | Beautynesia
Minggu, 29 May 2022 09:00 WIB
Punya Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain? Hati-hati Self-Serving Bias! Begini Cara Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Setiap individu pasti memiliki kebiasaan yang baik atau buruk. Dibanding kebiasaan baik, kebiasaan yang sifatnya buruk tentu memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain. Oleh sebab itu, kebiasaan yang sifatnya kurang baik ini harus dikurangi atau bahkan dihentikan, Beauties.

Salah satu kebiasaan buruk yang perlu dikurangi adalah self-serving bias atau kebiasaan menyalahkan orang lain. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk satu ini? Keep scrolling artikel ini, yuk!

Pengertian Self-Serving Bias

Cara mengurangi kebiasaan self-serving bias
Ilustrasi self-serving bias / Foto: Freepik @wavebreakmedia

Dilansir dari Verywell Mind, self-serving bias adalah kecenderungan seseorang yang menyalahkan orang lain atas kegagalannya. Yup, orang-orang yang memiliki self-serving bias menganggap kegagalan disebabkan oleh faktor eksternal dan menganggap kesuksesan merupakan hasil dari faktor internal.

Self-serving bias merupakan salah satu bentuk defensif untuk menjaga self-esteem atau harga diri. Sebab, kegagalan atau hasil yang buruk secara tidak langsung bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Alih-alih mengakui kegagalan, mereka memilih untuk menyalahkan faktor eskternal atau orang-orang di sekitarnya.

Dampak Buruk Self-Serving Bias

Cara mengurangi kebiasaan self-serving bias
Ilustrasi self-serving bias / Foto: Freepik @odua

Dalam situasi tertentu, melakukan self-serving bias memang bisa meningkatkan kepercayaan diri dan bertahan dalam situasi yang sulit. Namun, mengelak dan menyalahkan orang lain merupakan kebiasaan negatif yang bisa menimbulkan dampak buruk seperti berikut ini:

  • Sulit berkembang karena tidak bisa memperbaiki kesalahan diri sendiri
  • Merasa diri sendiri adalah yang terbaik
  • Merusak hubungan, baik itu dengan rekan kerja, teman dekat, keluarga, maupun pasangan.

Cara Mengatasi Self-Serving Bias

Cara mengurangi kebiasaan self-serving bias
Ilustrasi self-serving bias / Foto: Freepik @tiko33

Karena memberikan dampak buruk untuk diri sendiri maupun orang lain, kebiasaan self-serving bias harus dihentikan, Beauties. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk satu ini. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Mengakui kesalahan yang dibuat oleh diri sendiri, lalu melakukan evaluasi diri
  • Menerapkan sikap self-compassion atau penerimaan diri
  • Mindfulness, yaitu kemampuan menyadari bahwa kita sedang mengalami masalah agar bisa menyelesaikannya secara objektif
  • Melakukan positive self-talk atau mengucapkan kata-kata yang positif.

Nah, itulah informasi seputar apa itu self-serving bias beserta dampak buruk dan cara mengatasinya. Ingat, mengakui kesalahan bukanlah sebuah aib yang perlu ditutupi dan melimpahkannya ke orang lain, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id