sign up SIGN UP

Bantu Datangkan Kebahagiaan, Yuk Kenalan dengan Konsep Law of Attraction!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 08 Apr 2022 04:30 WIB
Bantu Datangkan Kebahagiaan, Yuk Kenalan dengan Konsep Law of Attraction!
caption
Jakarta -

Kebahagiaan adalah salah satu hal yang dicari oleh banyak orang dalam hidup. Nilai kebahagiaan orang pun berbeda-beda, mulai dari hal-hal sederhana hingga yang mewah. Banyak yang mengupayakan berbagai macam hal untuk mendapatkan kebahagiaan.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan law of attraction. Law of attraction adalah suatu paham di mana pikiran positif akan mendatangkan hal yang positif, begitu pula sebaliknya. Bisa membantu datangkan kebahagiaan, yuk kenali lebih jauh soal law of attraction!

Apa Itu Law of Attraction?

Law of attraction adalah sebuah hukum dimana pikiran positif akan mendatangkan hal positif
Berpikir Positif/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Law of attraction adalah suatu paham di mana pikiran positif akan mendatangkan hal yang positif, begitu pula sebaliknya, yaitu pikiran negatif akan mendatangkan hal yang negatif. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa pikiran adalah bentuk energi dan energi positif menarik kesuksesan di semua bidang kehidupan, termasuk kesehatan, keuangan, dan hubungan.

Melansir dari Very Well Mind, ada prinsip utama yang mendukung terbentuknya law of attraction, berikut ini di antaranya:

Like attracts like, yaitu ada kecenderungan untuk menarik hal-hal yang serupa atau yang kamu sukai. Hal ini memiliki arti bahwa orang cenderung menarik seseorang yang mirip dengan mereka. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa pikiran orang cenderung menarik hasil yang serupa. Berpikir negatif diyakini dapat menarik pengalaman negatif, sedangkan berpikir positif diyakini menghasilkan pengalaman positif yang diinginkan.

Nature abhors a vacuum, hukum tarik-menarik ini menunjukkan bahwa meniadakan hal-hal negatif dari hidup dapat memberi ruang bagi hal-hal yang lebih positif untuk menggantikannya. Dengan meniadakan hal-hal yang negatif, akan menyediakan ruang bagi hal-hal positif untuk memiliki tempat.

The present is always perfect, ini memiliki arti bahwa hukum ini berfokus pada gagasan untuk selalu hidup dalam saat ini. Artinya, apa yang terjadi saat ini adalah yang terbaik. Fokus dan jalani, tidak perlu mengkhawatirkan masa depan dan memikirkan masa lalu.

Cara Menerapkan Law of Attraction

Cara untuk menerapkan law of attraction
Law of Attraction/foto: pexels.com/mentatdgt

Ada beberapa cara untuk menerapkan law of attraction dan mulai mendatangkan kebahagiaan di hidupmu. Kebahagiaan akan bisa tercipta jika kamu sendiri yang mulai mengupayakannya.

Hal positif yang kamu upayakan akan berbalik kepadamu. Itu artinya, apa yang kamu percayai akan menjadi kenyataan. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menarik hal-hal baik dalam hidupmu, yaitu:

  • Bersyukur.
  • Memikirkan tentang tujuan hidup.
  • Berpikir positif dalam segala situasi.
  • Belajar untuk mengidentifikasi hal-hal negatif.
  • Mengubah hal-hal negatif menjadi hal yang positif.
  • Lakukan afirmasi positif.
Self-talk adalah salah satu cara untuk lebih memahami diri sendiri
Self Talk Melalui Cermin/foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Meskipun cara di atas tidak selalu menjadi solusi dari setiap masalahmu, namun setidaknya hal ini bisa membuatmu berpikir dan merasa lebih positif, Beauties. Nah, selain hal-hal di atas, ada beberapa kegiatan yang bisa membantumu untuk mencapai hal-hal tersebut. Yuk, lihat daftarnya!

Journaling

Kegiatan journaling atau menulis beberapa hal yang ada di pikiranmu adalah langkah yang tepat. Kamu bisa menuangkan segala sesuatu dalam bentuk tulisan dan mengevaluasi hal-hal yang kamu pikirkan maupun lakukan. Hal tersebut bisa menjadi langkah yang tepat karena dengan begitu, kamu bisa mengetahui hal-hal apa yang keliru dari pikiran dan perbuatanmu dan mengubahnya ke arah yang lebih baik

Identifikasi Emosi

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me TimeIlustrasi me time/Foto: Pexels.com/miriam alonso

Identifikasi emosi bertujuan untuk mengenali apakah kamu termasuk orang yang lebih banyak diliputi oleh emosi positif atau negatif. Dengan identifikasi berbagai emosi yang kamu rasakan, akan mudah bagimu untuk mengevaluasi dan mulai beralih pada emosi positif jika lebih banyak emosi negatif yang kamu rasakan.

Belajar untuk Menerima

Menerima segala kondisi yang terjadi dalam hidup adalah hal yang tidak mudah. Kamu harus terus berusaha untuk bisa mengambil hikmah dari setiap hal yang terjadi. Meskipun sulit dan prosesnya tidak mudah, namun kamu perlu untuk menerapkannya. Dibandingkan harus mencari tahu apa yang keliru dan meratapi apa yang terjadi, lebih baik berusaha menerima dan melakukan yang terbaik dari segala takdir yang kamu hadapi

Berlatih Positive Self-talk

Berlatih untuk self-talk atau berbicara dengan diri sendiri akan membuatmu terbiasa untuk menuangkan apa yang kamu pikirkan dan rasakan dengan diri sendiri. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk lebih mengenali dirimu sendiri, kebutuhan diri, serta memahami apa yang kamu inginkan dan rasakan.

Kebahagiaan adalah hal yang bisa kamu upayakan
Happy/foto: pexels.com/andre-furtado

Meskipun berpikir positif tidak selalu menyelesaikan masalah, namun hal tersebut bisa mengubah perspektifmu agar  bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia. Hal-hal negatif yang terjadi tidak selamanya buruk. Kamu juga tidak perlu untuk selalu bahagia setiap saat. Namun yang terpenting adalah, kamu harus mampu mencari hal positif dari setiap hal yang terjadi di hidupmu. Be happy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id