sign up SIGN UP

Mengenal Sindrom Asperger yang Diderita Han Geu-ru di Drama Korea "Move To Heaven"

Tyas Arini | Beautynesia
Minggu, 27 Jun 2021 14:30 WIB
Mengenal Sindrom Asperger yang Diderita Han Geu-ru di Drama Korea
caption

Drama Move To Heaven akhir-akhir ini kerap dibincangkan di media sosial. Pasalnya drama korea yang tayang di kanal Netflix ini sukses mengaduk-ngaduk perasaan penonton. Move To Heaven bercerita tentang Han Geu-ru, seorang anak yang menderita Sindrom Asperger. Setelah kematian ayahnya, Han Geu-ru harus mengelola usaha pembersihan TKP bersama dengan pamannya, Cho Sang-gu.

Di episode awal, terungkap bahwa Han Geu-ru mengidap Sindrom Asperger. Hal ini terlihat dari cara bicara dan tingkah lakunya yang berbeda dengan anak seumurannya. Apa yang dimaksud dengan Sindrom Asperger? Berikut penjelasannya!

Sindrom Asperger Termasuk Autisme

Sindrom Asperger adalah gangguan saraf yang masuk ke dalam salah satu gangguan spektrum autisme atau biasa dikenal autisme. Penderita Sindrom Asperger mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Berbeda dengan gejala autisme lainnya, penderita Sindrom Asperger tidak mengalami penurunan dalam hal kemampuan linguistik (berbahasa) maupun kognitif (kecerdasan). Bahkan penderita Sindrom Asperger memiliki IQ rata-rata atau lebih tinggi, sehingga penderita sindrom ini mampu hidup secara mandiri.

Pada drama Move To Heaven, Han Geu-ru mampu hidup mandiri setelah ditinggal ayahnya. Di beberapa scene, juga terlihat kemampuan mengingat Han Geu-ru yang luar biasa. Dalam sekali melihat atau mendengar, Han Geu-ru sudah dapat menghafalnya. Hal ini membuktikan IQ-nya lebih tinggi dari rata-rata.

Han Geu-ru dan ayahnya saat hendak membersihkan kamar almarhum
Han Geu-ru beserta ayahnya (hancinema.net)

Gejala Sindrom Asperger

Walaupun memiliki kemampuan linguistik dan kognitif yang baik, penderita Sindrom Asperger sulit untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ketika berbicara dengan orang lain, penderita Sindrom Asperger cenderung menampilkan ekspresi yang datar bahkan tanpa ekspresi. Begitu pula dengan nada bicaranya, nada bicaranya cenderung datar, seperti robot.

Karena sulit berinteraksi dengan orang lain, membuat penderita Sindrom Asperger ini kurang peka dan hanya tertarik pada diri sendiri. Penderita Sindrom Asperger ini juga obsesif, repetitif dan tidak menyukai perubahan. Penderita sindrom ini memiliki prinsip yang kuat dan aturan yang tidak bisa dilanggar.

Sama halnya dengan Han Geu-ru yang obsesif terhadap kebersihan dan memiliki prinsip dan kemauan kuat yang harus terpenuhi. Pada episode awal, tetangga Han Geu-ru, Yoon Na-mu memberitahu Cho Sang-gu bahwa Han Geu-ru sulit menerima perubahan dan cenderung 'meledak' bila ada aturan yang dilanggar.

Han Geu-ru harus memberikan kotak kuning kepada keluarga mendiang sebagai salah satu pekerjaannya.
Saat Han Geu-ru harus menyelesaikan pekerjaannya (hancinema.net)

Penyebab Sindrom Asperger

Saat ini penyebab Sindrom Asperger disamakan dengan penyebab autisme. Walaupun penyebab pastinya belum diketahui, namun para ahli meyakini bahwa penyebab sindrom ini adalah kelainan genetik dan infeksi kehamilan. Jika orangtuanya menunjukkan gejala-gejala autisme, kemungkinan besar anaknya akan mengalami gejala autisme yang sama atau lebih. Sedangkan penyebab infeksi kehamilan bisa beragam, seperti terpaparnya zat atau faktor yang dapat membuat cacat lahir.

Han Geu-ru saat bekerja
Han Geu-ru saat bekerja (hancinema.net)

Diagnosis dan Pengobatan Sindrom Aspeger

Umumnya gejala sindrom ini akan terlihat saat masa anak-anak. Gejala paling signifikan terlihat ketika anak mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan sekitarnya. Namun, jangan asal self diagnose, karena sindrom ini mirip dengan sindrom ADHD, yaitu gangguan sulit berkonsentrasi atau hiperaktif pada anak.

Sebaiknya apabila anak sudah menunjukkan gejala di atas disertai dengan pembawaan yang mudah cemas, mudah marah apalagi ada kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri, segara bawa ke dokter anak untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat dan sesuai untuk anak.

Han Geu-ru diperankan oleh Tang Joon San
Han Geu-ru diperankan oleh Tang Joon San (hancinema.net)

Drama Korea Move To Heaven penuh dengan nilai-nilai kehidupan yang sarat dengan emosi dan sentimen. Dari drama Korea ini pula, kita mengetahui sedikit mengenai Sindrom Asperger. Jika kamu sedang mencari rekomendasi drama Korea terbaik, Beautynesia menyarankan Move To Heaven ini untuk kamu tonton!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id