STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Menurut Ahli, Jenis Minuman Satu Ini Berbahaya untuk Kesehatan Ginjal! Apa Itu?

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 30 Oct 2022 19:30 WIB
Menurut Ahli, Jenis Minuman Satu Ini Berbahaya untuk Kesehatan Ginjal! Apa Itu?

Ginjal memainkan banyak peran penting dalam tubuh, termasuk membuang limbah dari darah, menyeimbangkan cairan dan tekanan darah, serta menghilangkan residu obat-obatan yang dikonsumsi dari tubuh. Penyakit ginjal bisa jadi penyakit yang memiliki risiko serius, oleh karena itu penting untuk menjalani gaya hidup sehat untuk memelihara kesehatan ginjal.

Selain faktor genetik, minuman yang dikonsumsi juga bisa berdampak signifikan pada kesehatan ginjal, Beauties. Menurut ahli diet, ada satu jenis minuman yang wajib dihindari jika ingin memiliki ginjal yang sehat. Minuman apakah itu?

Melansir Eat This Not That, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Minuman Terburuk untuk Kesehatan Ginjal

Minuman terburuk untuk ginjal
Soda, minuman terburuk untuk ginjal/Foto: Freepik.com/narong27

Soda menduduki puncak daftar minuman terburuk untuk kesehatan ginjal. Kandungan gula dari soda adalah salah satu masalah utama. Menurut sebuah studi tahun 2015, minum lebih dari empat gelas minuman berkarbonasi manis per minggu dikaitkan dengan peningkatan prevalensi penyakit ginjal kronis.

Kandungan gula yang tinggi dalam darah dapat merusak pembuluh darah di ginjal serta memicu penyakit hipertensi dan diabetes. Kandungan gula terkonsentrasi dalam soda dapat membuat manajemen gula darah lebih tidak terkontrol dan harus dibatasi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes atau penyakit ginjal.

Minuman terburuk untuk ginjal
Soda, minuman terburuk untuk ginjal/Foto: Freepik.com/lemonsoup14

Bahan lain yang ditemukan dalam soda biasa atau soda diet adalah asam fosfat. Penelitian menunjukkan minuman soda yang mengandung bahan ini telah dikaitkan dengan perubahan urin yang memicu batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Orang-orang yang memiliki batu ginjal atau penyakit ginjal harus menghindari minuman soda. Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit ginjal, minum dua gelas soda atau lebih per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis.

Minuman terburuk untuk ginjal
Soda, minuman terburuk untuk ginjal/Foto: Freepik.com/celsopupo

Pemanis buatan yang ditemukan dalam soda juga dapat meningkatkan risiko ginjal. Menurut sebuah studi 2011, minum lebih dari dua gelas soda buatan per hari dikaitkan dengan peningkatan dua kali lipat kemungkinan penurunan fungsi ginjal pada perempuan.

Aspartam dan sakarin adalah dua jenis pemanis buatan yang sering ditemukan dalam soda selama bertahun-tahun. Meski begitu, para peneliti belum menentukan apakah ada jenis pemanis buatan tertentu yang terkait dengan penurunan kinerja ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati dan batasi jumlah konsumsi soda untuk melindungi kesehatan ginjal kamu, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE