sign up SIGN UP

Menurut Studi, Ada Golongan Darah Tertentu yang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung lho, Beauties

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 27 Apr 2022 12:00 WIB
Menurut Studi, Ada Golongan Darah Tertentu yang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung lho, Beauties
caption
Jakarta -

Penyakit jantung kerap dihubungkan dengan orang yang sudah lanjut usia. Perlu kamu ketahui, penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Terbaru, terdapat studi yang mengungkap adanya hubungan golongan darah tertentu dengan risiko terkena penyakit ini.

Dilansir dari Times of India, adalah orang-orang dengan golongan darah O, 9 persen lebih tinggi berisiko. Terlebih pada kasus serangan jantung.

Adapun studi pada tahun 2021 ini dilakukan oleh European Society of Cardiology terhadap 1,36 juta peserta penelitian.

Bagaimana dengan Golongan Darah Lainnya?

Diet berdasarkan golongan darah A,O,B,dan AB/ Foto: Freepik/ Lek_suwarinGolongan darah A,O,B,dan AB/ Foto: Freepik/ Lek_suwarin

Kemudian para peneliti mengungkap kalau golongan darah B punya risiko serangan jantung 15 persen lebih tinggi daripada O. Sementara A, punya risiko 11 persen lebih tinggi daripada O.

Dugaan hubungan antara golongan darah dan penyakit jantung ini oleh peneliti, dikarenakan risiko pembekuan darah yang dialami masing-masing golongan darah.

Diet golongan darah BGolongan darah B/ Foto: Freepik/ Rawpixel.com/


Sebelumnya pada tahun 2017, orang dengan golongan darah O punya faktor konsentrasi non-Willebrand yang lebih besar, yang merupakan protein yang sering picu trombosis atau pembekuan darah.

Orang dengan golongan darah A dan B pun dilaporkan 44 persen lebih mungkin alami trombosis. Kondisi pembekuan darah memang diketahui berkontribusi besar dalam memicu serangan jantung.

Hal ini tampak memberi kesimpulan bahwa pemilik golongan darah cukup diuntungkan. Bahkan mengutip WebMD, salah satu peneliti dari Harvard Medical School, Lu Qi mengungkap kalau risiko sakit jantung biasanya memperhitungkan faktor-faktor seperti tekanan darah, kolesterol, juga berat badan.

Namun dirinya menambahkan kalau golongan darah juga mungkin penting diperhatikan. Pada tahun 2012 di AS, Qi dan rekannya menggabungkan temuan dari dua penelitan besar hampir 90 ribu orang dewasa setidaknya selama 2 dekade. Hasilnya:

Dibandingkan dengan orang golongan darah O:

- orang dengan golongan darah AB 23 persen lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung;
- orang dengan golongan darah A 5 persen lebih berisiko;
- orang dengan golongan darah B 11 persen lebih berisiko.

Adapun peningkatan risiko pada golongan darah A, dipicu kadar kolesterol jahat yang cenderung lebih tinggi. Sementara peningkatan risiko pada golongan darah AB disebabkan peradangan.

Meski begitu, temuan-temuan seperti di atas masih perlu dikonfirmasi ulang.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id