sign up SIGN UP

Sering Dianggap Tak Sehat, 5 Kebiasaan Ngemil Dessert Ini Ternyata Bisa Sukseskan Program Diet!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 11:30 WIB
Sering Dianggap Tak Sehat, 5 Kebiasaan Ngemil Dessert Ini Ternyata Bisa Sukseskan Program Diet!
caption
Jakarta -

Dessert merupakan pilihan yang tepat untuk menutup makan besar. Biasanya, dessert disediakan dalam bentuk makanan manis, seperti buah atau makanan ringan yang manis. Namun, di luar sana, banyak orang yang percaya bahwa kebiasaan mengonsumsi dessert harus dihilangkan ketika menjalani program diet.

Di sisi lain, jarang orang menyadari bahwa menghentikan kebiasaan ngemil dessert bukan hanya merampas kebahagiaan, tetapi juga bisa menjadi bumerang terhadap tujuan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, alih-alih menghilangkan kebiasaan makan dessert ketika menjalani program diet, kamu bisa meng-improve menu dan kebiasaan makan untuk mendukung penurunan berat badan.

Dessert merupakan makanan yang digemari oleh segala kalangan/Foto: Pexels.com/RODNAE ProductionIlustrasi dessert. (Foto: Pexels.com/RODNAE Production)

Berikut ini ada lima kebiasaan ngemil yang lebih sehat dan bisa kamu praktikkan daripada harus menghilangkannya dari hidupmu.

Kontrol Porsi Dessert

Beauties, cuma karena kamu sedang diet, bukan berarti kamu harus berhenti makan makanan penutup. Justru, pada sesi ini, sebaiknya kamu memperhatikan ukuran porsi yang kamu makan supaya membantu program diet yang sedang kamu jalani.

Fruit sando menjadi dessert yang digemari banyak masyarakat/Foto: Freepik.com/EyesartistIlustrasi dessert. (Foto: Freepik.com/Eyesartist)

"Meskipun makan makanan penutup dalam jumlah yang tepat dapat menjadi bagian dari diet ramah penurunan berat badan, makan ukuran porsi besar dapat bertentangan dengan tujuan kesehatan kamu. Makanan penutup pra-porsi, seperti es krim buah yang dibuat dari buah asli atau makanan berukuran kecil adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin mengatur berat badan mereka," kata pakar dewan medis Lauren Manaker, MS, RDN, dan penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook dan Fueling Male Fertility.

Ngemil Sambil Minum Teh Hijau

Menurut Manaker, teh hijau mengandung kafein dan senyawa yang disebut dengan EGCG. Keduanya terbukti membantu penurunan berat badan. Jadi, coba libatkan teh hijau saat kamu menyantap dessert setelah makan. 

Makan Makanan Manis Alami

Dessert kerap diasosiasikan dengan makanan manis. Alih-alih memilih dessert yang mengandung gula olahan, kamu bisa memilih buah sebagai pilihan hidangan penutup. Dengan kata lain, pilihlah makanan manis yang alami

Mengonsumsi buah kiwi bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan/Foto: Freepik.com/Racool_studioIlustrasi buah. (Foto: Freepik.com/Racool_studio)

"Makan buah dapat membantu memuaskan sweet tooth dan mencukupi serat untuk tubuh, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Atau, kamu dapat membuat makanan penutup berbasis buah sederhana, seperti sorbet jeruk kiwi," kata Manaker.

Menahan Rasa Ingin Makan Dessert

Kebanyakan orang diet malah membatasi asupan makanan setiap harinya. Padahal, tanpa disadari, membatasi diri terlalu banyak untuk makan malah bisa membuat program diet malah gagal.

"Ketika kita membatasi makanan dan tidak membiarkan diri kita makan makanan yang kita idamkan, rasa ngidam itu hanya akan meningkat," kata Taylor Wesely, RD, pemilik Radiate Nutrition LLC. "Keinginan akan terus meningkat sampai kemungkinan besar kamu menyerah. Pada titik ini, kamu cenderung makan lebih banyak makanan penutup yang sebenarnya daripada jika kamu langsung memakannya."

Melewatkan sarapan justru membuatmu lapar sehingga muncul keinginan untuk ngemil terus menerus.Ilustrasi ngemil. (Foto:Freepik.com/Drobotdean) 

Menurut Wesely, hal ini mungkin terdengar berlawanan, tapi tidak membatasi diri benar-benar dapat membantu kamu mempertahankan penurunan berat badan dalam jangka panjang. 

Makan Makanan Padat Nutrisi Sebelum Makan Dessert

Sebelum makan dessert, penting untuk makan makanan padat nutrisi. Jangan coba-coba ngemil dessert dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, hal tersebut justri memberi beberapa efek negatif pada kesehatan kamu.

ilustrasi makanIlustrasi makan makanan padat nutrisi. / / Foto: freepik - tirachardz

"Melewatkan makan akan membuat kamu kelaparan ketika makanan penutup disajikan, karena itu adalah reaksi normal untuk makan berlebihan untuk memperhitungkan kalori yang terlewat yang dibutuhkan tubuh," kata Wesely.

"Selain itu, makan makanan berkarbohidrat tinggi, terutama yang mengandung karbohidrat olahan, meningkatkan gula darah kamu dengan cepat. Jenis makanan ini juga akan meningkatkan selera kamu untuk makanan penutup yang manis," imbuhnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id